ANALISIS WEBSITE UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DENGAN METODE USABILITY TESTING

Dian Sulasih, Ali Tarmuji

Abstract


Banyak sekali website yang menyajikan beragam informasi, tetapi sangat banyak di antara website tersebut tidak dapat memenuhi tujuan awal pembuatan website tersebut, bahkan ada yang mengecewakan penggunanya. Website yang dibangun harus mampu memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi tanpa meninggalkan tujuan khusus dari pembuatan website itu sendiri. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu universitas yang memiliki website untuk media informasi, namun website UAD masih perlu dikembangkan berdasarkan hasil survey melalui penyebaran kuisioner. Seperti tidak tersedianya pilihan menu untuk ganti bahasa, penggunaan warna link yang kurang jelas, slide gambar pada tampilan depan yang monoton (tidak up to date), tidak tersedianya menu download pada navigasi, kemudian interaktivitas yang kurang baik.

Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap: pemilihan responden, pengisian kuisioner, dan analisis. Kuisioner diisi oleh 25 responden yang mewakili tiap fakultas di Universitas Ahmad Dahlan yang terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan dan juga masyarakat umum. Responden dikelompokkan tiga tingkatan yaitu pengguna aktif, terampil dan awam. Dasar pengukuran usability testing yang merupakan tingkat ukuran kualitas dari sebuah system meliputi learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction. Hasil dari penelitian ini akan memberikan rekomendasi untuk pembangunan website UAD ke tingkat yang lebih baik lagi.

Hasil dari analisis diperoleh rata-rata dari setiap komponen usability testing meliputi learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction yaitu 74,01% untuk pertanyaan yang ketemu jawabannya (YA) dan 25,99% untuk pertanyaan yang tidak ketemu jawabannya (TIDAK). Dari data tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa website Universitas Ahmad Dahlan masih perlu dilakukan perbaikan agar pengguna lebih mudah dalam memperoleh informasi yang dicari.

Kata Kunci: Analisis , usability testing, Universitas Ahmad Dahlan, website




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Sulasih, Ali Tarmuji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.