MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA KERAMIK DASILAN

Tri Andi, Tedy Setiadi

Abstract


Penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan oleh semua tingkat usaha, mulai dari usaha yang besar sampai usaha yang kecil atau biasa disebut dengan Usaha Kecil Menengah (UKM). Keramik Dasilan merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM)yang berada di Dusun Jetis, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Proses penjualan Keramik Dasilan yang berjalan selama ini masih mengalami beberapa kendala, yakni dalam hal promosi, pemasaran, dan pemesanan produk. Permasalahan lain yang dihadapi oleh Keramik Dasilan yaitu sebagian besar proses pengolahan dan penyimpanan data dilakukan secara manual dan hanya disimpan dalam buku.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi penjualan berbasis Web yang dapat menampilkan barang-barang yang dijual Keramik Dasilan dan dapat memberikan laporan penjualan barang oleh pelanggan dengan cepat dan mudah.Penelitian ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database nya MySQL. Pengujian sistem informasi penjualan berbasis web dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu Black Box Text dan Alpha Test.

Sistem informasi penjualan berbasis website pada keramik dasilan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem basis data MySQL telah berhasil dibuat dan dapat berguna bagi para pelanggan yang mengaksesnya lewat media internet. Informasi produk dapat diperoleh dengan mudah oleh pelanggan secara online, sehingga tidak memakan waktu dan biaya yang besar. Berdasarkan hasil pengujian Black Box Test dan alpha test dapat diketahui bahwa secara keseluruhan aplikasi Sistem Informasi Penjualan berbasis Website pada Keramik Dasilan berjalan dengan baik dan sistem layak digunakan.

Kata Kata Kunci: UKM, Sistem Informasi penjualan, Keramik, Pelanggan




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Andi, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.