SISTEM PENENTUAN LOKASI PEMASANGAN IKLAN DENGAN METODE KRITERIA BAYES BERBASIS WEB

Bagus Priangga, Sri Winiarti

Abstract


Kehadiran reklame menjadi ladang promosi, media promo outdoor ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan media promo lain karena pesan yang disampaikan dapat dilakukan berulang-ulang, informasi yang diberikan dapat lebih detail, menampilkan visual sehingga mudah diingat, tetapi pemasangan reklame yang tidak sesuai akan mengganggu kenyamanan bagi masyarakat terutama bila pemasangan reklame yang sembarangan dan tanpa ijin yang jelas akan merugikan banyak pihak selain itu belum adanya aturan khusus dalam penataan reklame membuat potensi kawasan jenuh reklame akan semakin besar. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menetukan kelayakan lokasi pemasangan iklan atau reklame agar dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pemilik serta konsumen reklame.

Subjek penelitian ini adalah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan (reklame). Konsep pengembangan dengan paradigma waterfall, tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data dengan menggunkan metode studi pustaka, wawancara, observasi  dan dokumentasi. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi desain basis pengetahuan, alur keputusan, deskripsi kebutuhan, permodelan proses, permodelan data, perancangan antar muka, implementasi dan pengujian sistem. Sistem yang dikembangkan menggunakan metode kriteria bayes dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan dengan metode kriteria bayes berbasis web serta memberikan informasi harga pajak reklame. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan. Sistem ini dapat digunakan oleh calon pemasang reklame yaitu biro iklan dan masyarakat baik pribadi maupun badan untuk menentukan lokasi pemasangan iklan dan dinas pajak dapat melihat hasil analisa yang telah diinputkan oleh calon pemasang reklame.

Kata kunci :Iklan, Kriteria Bayes, Lokasi, Sistem Pendukung Keputusan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bagus Priangga, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.