SISTEM INFORMASI NOTARIS BERBASIS SMS GATEWAY (STUDI KASUS : KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Danang Tri Atmojo, Eko Aribowo

Abstract


Telepon seluler merupakan salah satu teknologi komunikasi yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Sama halnya pada sistem informasi notaris berbasis SMS gateway yang menggunakan telepon seluler sebagai sarana untuk mngirim dan menerima notifikasi berupa SMS. Selama ini staf sub bidang pelayanan hukum umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami masalah dalam proses rekam data notaris hingga proses pembuatan laporan bulanan data notaris, serta lamanya proses penyampaian informasi kepada notaris dan juga sebaliknya.

Subjek pada penelitian ini adalah sistem informasi notaris berbasis SMS gateway pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman pascal dengan Borland Delphi 7 dan database Microsoft Access. Langkah pengembangan sistem ini menggunakan model sekuensial linier yang meliputi analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah aplikasi sistem informasi notaris berbasis SMS gateway pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi yang dihasilkan dari sistem informasi notaris berbasis SMS gateway ini meliputi data notaris, data cuti, data masalah, data pindah, data non aktif, data laporan surat wasiat, dan data undangan pelantikan. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode black box test dan alpha test. Pengujian black box test melibatkan staf sub bidang pelayanan hukum umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengujian dilakukan pada seluruh menu serta semua fasilitas program, hasil dari pengujian black box test menunjukkan prosentase baik sebesar 100%. Sedangkan pengujian alpha test melibatkan notaries Daerah Istimewa Yogyakarta dan staf sub bidang pelayan hukum umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengujian dilakukan pada tingkat keamanan sistem serta format masukan dan keluaran sistem, hasil pengujian dari pengujian alpha test menunjukkan prosentase setuju sebesar 58,57% dan prosentase sangat setuju sebesar 41,43%.

Kata kunci : Notaris, Sistem Informasi, SMS Gateway.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Danang Tri Atmojo, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.