DETEKSI PENYAKIT AUTIS DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN ALGORITMA PERCEPTRON

Siti Nurul Khofiyah, Ardi Pujiyanta

Abstract


Pertumbuhan anak merupakan proses yang sangat penting yang dialami setiap anak sehingga pemantauan pertumbuhan dan deteksi dini gangguan pertumbuhan menjadi hal yang esensial. Masih banyaknya orang tua yang tidak memperhatikan tumbuh kembang anaknya menyebabkan tidak terdeteksinya faktor-faktor resiko kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan anak mereka. Hal tersebut juga dikarenakan masih kuranganya kegiatan dokter anak, bidan maupun psikolog mengadakan sosialisasi tentang tumbuh kembang anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi komputer yang mampu untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar tumbuh kembang anak.

Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah aplikasi deteksi penyakit autis pada anak. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan study literature. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis data dan deskripsi kebutuhan sistem, membangun basis pengetahuan, pembuatan Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Entity Relationship Diagram dan membuat struktur tabel, perancangan mapping table, dan perancangan menu antarmuka. Algoritma yang digunakan adalah algoritma perceptron. Aplikasi ini menggunakan Borland Delphi 7.0 sebagai bahasa pemrograman dan My SQL sebagai Basis data.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkat lunak Deteksi penyakit autis pada anak. Sistem ini mampu mendeteksi sebanyak 5 gangguan yang disertai dengan gejala-gejala gangguan, penyebab, saran dan nilai kepastian dari hasil deteksi. Hasil pengujian yang dilakukan langsung pada pakar anak dan pengguna, menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci : Algoritma Perceptron, Autis, Deteksi Penyakit, Pertumbuhan Anak.



DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Nurul Khofiyah, Ardi Pujiyanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.