MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS - JENIS TUMBUHAN BERBASIS MULTIMEDIA STUDI KASUS (TK TUNAS MELATI YOGYAKARTA)

- Partimawati, Wahyu Pujiyono

Abstract


Pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan masih sulit di pahami serta proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan suasana belajar yang terkesan kaku dan anak-anak sibuk bermain sehingga perlu dibuatkan media pembelajaran yang dapat membantu peran guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia  untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak TK Tunas Melati. Dalam hal ini guru sabagai fasilitator dalam menyampaikan tata cara penggunaan media pembelajaran dan anak-anak berperan aktif dalam menerima materi pembelajaran.    

            Dalam penelitian ini  adalah media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan untuk TK Tunas Melati. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan pembelajaran untuk media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Adobe Flash Professional CS3, Adobe Soundbooth Professional CS3, dan Action Script. Sistem yang dihasilkan diuji dengan 2 metode, yaitu black box test dan alpha test. Diskusi dilakukan kepada guru dan wali murid untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan.

Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan. Dari hasil uji black box test untuk jawaban “Ya†100% dan untuk jawaban “Tidakâ€Â  0%  dapat disimpulkan keluaran dari media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak terdapat error pada saat aplikasi media pembelajaran digunakan dan untuk hasil uji alpha test untuk SS (sangat setuju) 70%, S (setuju) 80%, KS (kurang setuju) 0% dan TS (tidak setuju) 0% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan mampu membantu guru untuk menyampaikan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahamnan anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan serta wali murid bisa membantu anak-anak dalam belajar pengenalan jenis-jenis tumbuhan pada saat di rumah. Hasil pengujian menunjukkan 100% media pembelajaran tentang jenis-jenis tumbuhan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman  pada anak-anak TK Tunas Melati Yogyakarta.

Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran, Tumbuh-tumbuhan , Tunas Melati.



DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 - Partimawati, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.