RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RENTAL MOBIL DI YOGYAKARTA BERBASIS WEB

Ahmad Miki Supriyatno, Eko Aribowo

Abstract


Internet merupakan media informasi yang saat ini sudah digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti pelajar, mahasiswa, pegawai, pejabat, ibu rumah tangga, pengusaha, dan lain-lain.  Melihat dari hal tersebut, internet sangat tepat untuk dijadikan sebagai media untuk mendukung kegiatan bisnis. Salah satunya adalah pada rental mobil, untuk membantu pencatatan dan pengolahan data pada rental mobil. Selain itu internet juga dapat digunakan rental mobil sebagai media promosi. Hal ini akan membantu bagi pelanggan yang kurang atau bahkan tidak mempunyai informasi mengenai rental mobil. Keterbatasan informasi mengenai rental mobil akan menjadi kendala ketika pelanggan akan memesan kendaraan di rental mobil, tetapi kendaraan di rental mobil tersebut telah terpesan semua oleh pelanggan yang lain, maka pelanggan harus mencari informasi mengenai rental mobil lainnya. 

Obyek penelitian adalah pembangunan Sistem Informasi Manajemen di rental mobil untuk membantu rental mobil dan pelanggan dengan media web. Penelitian dilakukan di Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada pihak rental mobil, pelanggan rental mobil. Implementasi sistem memanfaatkan PHP dan MySql. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi manajemen secara online. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen rental mobil di Yogyakarta ini layak dan dapat dipergunakan untuk melakukan pemesanan mobil.

Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Pemesanan, Rental Mobil, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Miki Supriyatno, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.