PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KELURAHAN (SIK) DENGAN BERBASIS WEB

Tri Agtaviana, Tedy Setiadi

Abstract


Kelurahan merupakan suatu instansi pemerintahan yang sangat penting, kantor Kelurahan sendiri mempunyai peranan yang sangat penting dalam urusan pelayaan administrasi masyarakat. Pada tahun 2012 mahasiswa UAD yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Masyarakat (PKM-M) telah membuat Sistem Informasi Kelurahan (SIK), namun sistem tersebut masih sebatas mencetak data yang telah diinputkan ke dalam SIK, sehingga untuk masalah pengolahan data masih belum dapat dilakukan. Padahal kelurahan juga membutuhkan pengolahan data kependudukan, seperti olah data penduduk, olah data statistik, olah data induk warga, olah data monografi warga. Sehingga Sistem Informasi Kelurahan tersebut masih perlu untuk dikembagkan lebih lanjut. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem yang sudah ada supaya SIK menjadi lebih optimal.

Subjek penelitian ini adalah Sistem Informasi Kelurahan dengan pengembangan berbasis web. Langkah pengembangan sistem ini diawali dengan studi pustaka, wawancara, observasi, analisis kebutuhan sistem, perancangan proses, perancangan database, perancangan user interface, implementasi dan pengujian. Perancangan Sistem Informasi Monografi Penduduk menggunakan pemodelan UML (Unifed Modelling Language). Implementasi program menggunakan software tools pemrograman netbean, implementasi database menggunakan MySQL, dan framework menggunakan yii framework. Pengujian sistem ini mengguakan metode Alpha Test dan Black Box Test.

Hasil penelitian ini adalah Sistem Informasi Kelurahan dengan Berbasis Web, yang menjadikan pelayanan dan penyampaian informasi kepada masyarakat menjadi lebih baik dan optimal.

Kata kunci: SIK, Kelurahan, Monografi, Penduduk




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Agtaviana, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.