SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN BERBASIS WEB

Achmad Lutvi, Eko Aribowo

Abstract


Kota Balikpapan merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi perindustrian yang berkembang. Namun dalam penyajian informasi melalui situs-situs Blog dan beberapa website yang ada dinilai kurang efektif sehingga menjadi salah satu penyebab kurangnya pengetahuan masyarakat dan pendatang akan keberadaan letak industri yang berada di Kota Balikpapan. Sistem Informasi Geografis merupakan salah satu sistem informasi yang saat ini menjadi alat bantu yang sangat tepat dalam menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan kembali kondisi-kondisi alam dengan bantuan data atribut dan data spasial. Tujuan pemanfaatan SIG berbasis web agar masyarakat dapat melakukan pencarian lokasi industri secara interaktif, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi lokasi industri Kota Balikpapan kepada masyarakat secara realtime, akurat, dan menyeluruh.

            Metode penelitian dan pengumpulan data adalah cara yang digunakan untuk memperoleh data yang nantinya akan diproses menjadi informasi yang lebih akurat sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui sebuah penelitian Metode Observasi, Studi Literatur, Metode Wawancara, dan Dokumentasi, menganalisis kebutuhan sistem, merancang sistem, mengimplemantasikan menggunakan PHP dan Framework Codeignitier serta melakukan proses digitasi peta menggunakan Google Map Service, selanjutnya melakukan pengujian sistem sebagai tahap akhir dalam pembuatan Sistem Informasi Geografis Perindustrian Kota Balikpapan Berbasis Web.

            Dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah Sistem Informasi Geografis Perindustrian Kota Balikpapan yang dapat menampilkan informasi berita dan lokasi industri di wilayah Kota Balikpapan.

Kata Kunci : Gmapservice, Perindustrian, SIG, Web, Codeigniter, Balikpapan



DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Achmad Lutvi, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.