PENGENALAN OLAH RAGA TONNIS BERBASIS MULTIMEDIA

Ika Evry Hardiyana, Tedy Setiadi

Abstract


Tonnis adalah cabang permainan olah raga baru dan belum memsyarakat. Masyarakat masih belum mengetahui dan memahami tentang bagaimana cara bermain tonnis, perhitungan skor dalam permainan dan alat apa saja yang digunakan untuk bermain olah raga tonnis. untuk itu diperlukan suatu media untuk mengenal dan mempermudah dalam belajar olah raga Tonnis.

Subjek penelitian ini adalah aplikasi pengenalan olah raga tonnis berbasis multimedia sebagai media alternatif penyampaian materi dan teknik dalam bermain tonnis dengan menggunakan Adobe flas Cs6. Tahap pengembangan aplikasi meliputi metode pengumpulan data dengan studi literatur. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem yang meliputi merancang konsep, merancang isi, merancang naskah dan merancang grafis menggunakan Adobe flash Cs6. Setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan testing program Black Box Test dan Alpha Test.

Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah Aplikasi Pengenlan Olah Raga Tonnis Berbasis Multimedia. yang dilakukan kepada 10 responden dan diharapkan dapat membantu memberikan informasi mengenai teknik dalam bermain Tonnis. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci  : Multimedia, Olah raga, Tonnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ika Evry Hardiyana, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.