MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA CLIENT SERVER UNTUK KELAS VIII SMPN 1 PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Widi Eva Haryanto, Wahyu Pujiyono

Abstract


Hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris kelas VIII SMPN 1 Piyungan yaitu Ibu Sri Nursanti S.pd, dari sekian banyak materi yang disampaikan. Ada beberapa materi yang sukar dipahami, yakni materi tentang recount text . Menurut beliau materi recount text dianggap susah karena peserta didik susah dalam menentukan penggunaan kata kerja tidak beraturan dan dalam menentukan stukture recount teks. Berdarkan observasi yang telah dilakaukan didapatkan fakta cara penyampaian materi yang digunakan oleh guru SMPN 1 Piyungan secara umum  adalah dengan penyampaian langsung secara lisan dan menggunakan alat bantu berupa papan tulis (white board), buku panduan, dan slide presentasi.  Dengan cara penyampaian seperti ini, proses pembelajaran terlihat tidak kondusif karena sebagian peserta didik terlihat melamun dan sibuk bermain dengan peserta didik lain. Kemudian berdasarkan hasil kuisoner tentang materi recount teks, bahwa jumlah peserta didik yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran dengan prosentase 85%. Untuk itu, perlu dibangun aplikasi pembelajaran agar dapat digunakan peserta didik sebagai alat bantu untuk mempelajari materi recount teks pada mata pelajran Bahasa Inggris dan guru pengampu untuk menyampaikan materi. 

Dalam paper  ini membahas tentang aplikasi media pembelajaran Bahasa Inggris  berbasis multimedia client server untuk kelas VIII SMPN 1 Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Metodologi yang digunakan untuk mendapatkan spesifikasi aplikasi media pembelajaran ini adalah dengan dilaksanakan   pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, angket, pengambilan data secara langsung dan studi pustaka. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.

Hasil paper  ini adalah aplikasi media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis multimedia client server untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan. Dari hasil uji coba black bok dan alpha test, bahwa aplikasi pembelajaran ini layak digunakan sebagai alat bantu guru pengampu  untuk menyampaikan materi pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan dapat membantu proses pembelajaran peserta didik untuk mempelajari materi recount teks.

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Client server,  Multimedia, Recount Teks.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widi Eva Haryanto, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.