SISTEM INFROMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DAN SMS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANJUNGPINANG

Prayuda Anugerah, Ardi Pujianta

Abstract


Pengolahan data kependudukan merupakan suatu kegiatan utama yang dilakukan oleh Seksi Pemerintahan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang secara berkesinambungan. Dimana sistem yang sedang berjalan sering menemukan kesulitan pada saat melakukan pencarian data penduduk, ditemukannya duplikasi data akibat dari pendataan penduduk yang terurut serta terjadinya kerusakan dan kehilangan data akibat dari media penyimpanan yang ada hanya dalam bentuk dokumen.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, merancang database di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang.
Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterpall dengan metode analisis sis tem yang digunakan adalah flowmap, diagram konteks, DFD, relasi tabel, dan ERD. Dalam menyusun skripsi ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan sistem informasi ini yaitu PHP dan MySQL
Implementasi sistem informasi kependudukan di  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang ini dapat membantu mempermudah pengolahan data penduduknn pembuatan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat keterangan kelahiran, kematian, pendatang dan pindah, pencarian data penduduk, mengurangi terjadinya kerusakan dan kehilangan data penduduk karena media penyimpanan yang berupa dokumen, tidak terjadinya duplikasi data penduduk, dan dapat mempersingkat waktu dalam operasional.

Kata kunci : Sistem informasi, penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prayuda Anugerah, Ardi Pujianta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.