APLIKASI SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN BERBASIS WEB YANG TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY DAN EMAIL SERVER STUDI KASUS SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Nuri Piyanto, Dewi Soyusiawaty

Abstract


SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) adalah dana yang harus dibayarkan oleh siswa dan akan dipergunakan untuk pembinaan pendidikan di sekolah. Besarnya SPP yang harus dibayarkan berbeda-beda untuk tiap kelasnya. Minimnya informasi pembayaran yang diberikan kepada orang tua menjadi kendala  komunikasi terhadap pembayaran di sekolah khususnya pembayaran SPP. Serta pengolahan data keuangan secara manual cukup rumit karena terdapat banyak siswa yang bersangkutan. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah satu penelitian untuk membangun satu aplikasi komputer yang mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam SPP tersebut. Informasi akan dikirim melalui SMS gateway dan email server kepada orang tua wali murid. Dipilihnya teknologi komunikasi dalam bentuk SMS ini karena tarif lebih murah daripada memberitahukan melalui surat.

Penelitian ini yang menjadi subjek adalah aplikasi sistem informasi untuk mengolah data SPP. Metode  yang  digunakan dalam menyelesaikan  tugas  akhir ini  adalah mengamati langsung proses pembayaran SPP, pengumpulan  data  yang meliputi data siswa, data pembayaran dan laporan pembayaran SPP, analisis sistem baik kebutuhan fungsional maupun nonfungsional dalam aplikasi pembayaran SPP, serta pengembangan aplikasi yang meliputi perancangan sistem dan implementasi sistem aplikasi pembayaran SPP, dan pengujian sistem ini menggunakan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak Aplikasi Sumbangan Pembinaan Pendidikan Berbasis Web Yang Terintegrasi Dengan Sms Gateway dan Email Server. Kemampuan aplikasi dapat membuat laporan pembayaran siswa dengan cepat dan memberikan data laporan pembayaran SPP yang akurat serta dapat memberikan informasi kepada orang tua secara berkala dan tepat waktu di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Kata Kunci : Email Server, Framework(CI), SMS Gateway , SPP

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuri Piyanto, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.