APLIKASI PENGOLAHAN CITRA MENDETEKSI KUALITAS CABAI BERDASARKAN TINGKAT KEMATANGAN MENGGUNAKAN TRANSFORMASI WARNA YCbCr

Indra Dwi Ananto, - Murinto

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat di bidang komputer telah mendorong semakin berkembangnya penelitian dan penerapan teknik pengolahan citra. Beberapa pertumbuhan kemajuan teknologi baru membuka peluang bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini. Saat ini pengolahan citra mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan. Aplikasi pengolahan citra berkaitan dengan pemrosesan citra yang berkaitan dengan transformasi warna. Dalam hal ini, metode transformasi sistem ruang warna sebagai bagian dari pengolahan citra membantu dalam mendeteksi warna dalam citra dan mengolahnya sehingga memberikan kemudahan dalam pengidentifikasian. Tujuan dari penelitian  ini adalah menerapkan metode transformasi warna YCbCr dalam mendeteksi jenis warna kulit cabai dan mengklasifikasikan dalam fase kematangan cabai.

Subyek penelitannya adalah membangun aplikasi untuk mengenali dan menggolongkan jenis warna kulit cabai kedalam 3 fase yaitu hijau, campur-warna, dan merah. Data dalam penelitian ini menggunakan citra cabai yang diambil dengan kamera akan diambil sebagian  (cropping) yang kemudian akan diekstrak ciri warnanya, dan dikalkulasi tingkat kadar warna dari R (red), G (green), dan B (blue) dan diubah ke YcbCr. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan mengambil citra cabai, metode literature dengan menggunakan data-data dari buku dan internet, dan metode wawancara dengan pengumpulan data secara langsung. Aplikasi diuji dengan memasukkan citra cabai dari warna yang berbeda dalam format .JPG.

Berdasarkan input pelatihan deteksi jenis warna kulit cabai diperoleh dari pengolahan citra dengan metode transformasi warna YCbCr. Dari hasil penelitian 30 sampel buah dari 10 buah pada masing-masing kondisi cabai yaitu, mentah, setengah matang, dan matang dengan dihitung nilai rata-rata maksimal dan minimal cb dan cr diperoleh persentase 96 %.

Kata kunci : Kualitas cabai, Tingkat kematangan cabai, Transformasi warna    YCbCr.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Dwi Ananto, - Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.