PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN UNTUK PENYUSUNAN PROFIL KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS BERBASIS WEB

Tri Rezeki Kustiadi, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti

Abstract


Saat ini informasi administrasi kependudukan masih sebatas pelayanan KTP, KK, pengelolaan data penduduk, kelahiran, kematian, dan pindah. Informasi tersebut belum memiliki pelayanan informasi profil kependudukan sehingga. Untuk itu perlu pengembangan sistem yang sudah ada. Sistem informasi administrasi kependudukan sangat dibutuhkan untuk kemudahan dalam mengelola data kependudukan dan penyusunan profil kependudukan.

Subyek penelitian adalah sistem informasi administrasi kependudukan berbasis web, agar dapat membantu dalam pengolahan data kependudukan, pembuatan profil kependudukan hingga pelaporan data kependudukan dan profil kependudukan. Sistem ini menggunakan teknologi web untuk dapat menghubungkan antara kecamatan dan dinas kependudukan sehingga mempermudah dalam mengelola data kependudukan. Metode pengumpulan data yang didapat dari pihak petugas Kecamatan Patikraja dan Dinas Kependudukan Kabupaten Banyumas. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Dari penelitian ini dihasilkan sebuah pengembangan perangkat lunak (software) dari sistem informasi administrasi kependudukan di tingkat kecamatan patikraja yaitu profil kependudukan tentang rasio jenis kelamin, rasio jenis pekerjaan, tingkat penghasilan penduduk, tingkat pendidikan penduduk, rasio umur. Selain itu, memberikan efisiensi kepada pegawai dinas dalam memonitoring pelaporan data kependudukan dan mempermudah pembuatan profil kependudukan tiap kecamatan.

Kata kunci     : sistem informasi, administrasi kependudukan, web.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.3035

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 834 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal