IMPLEMENTASI (CRM) COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK LAYANAN TAMU DI KECAMATAN BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Galih Pamungkas, Imam Riadi

Abstract


 Penerapan customer relationship management (CRM) pada Layanan tamu di Kecamatan Berbah dapat diketahui dari upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Berbah adalah Layanan digital. Keamanan merupakan hal yang terpenting dari kehidupan sebuah masyarakat, berbagai tindak kejahatan masih ada di dalam sebuah masyarakat  menjadi kendala yang tidak mudah di atasi. Keterbatasan informasi dijadikan sebagai sumber informasi guna mencegah dini resiko kejahatan yang ada dimasyarakat. Dalam pembuatan sistem ini dilakukan dengan SMS gateway, SMS Gateway adalah sebuah perangkat atau sistem yang mampu menangani operasi dasar SMS (mengirim, menerima, membaca dan menghapus SMS) yang berada di luar jaringan GSM standar. Dalam SMS Gateway juga dapat ditambahkan fitur pelengkap seperti autoreply, SMS broadcast.

Metode Pengembangan yang dilakukan pada aplikasi CRM untuk layanan Tamu di Kecamatan Berbah dengan metode waterfall, hal yang mendasari dengan metode ini karena dilakukan secara tersrtuktur dan bertahap. Tahap pengembangan aplikasi terdiri dari pengumpulan data, analisis sistem, perancangan interface, pembuatan diagram aliran data, pembuatan E.R diagram, pembuatan implementasi dengan menggunakan Borland Delphi 7 dan pengujian dengan black box dan alpha test.

Berdasarkan hasil pengujian aplikasi CRM layanan tamu di Kecamatan Berbah berbasis SMS Gateway dengan kemampuan dapat memberikan informasi untuk mengetahui dan memonitoring keadaaan tamu melalui kepala RT setempat di seluruh wilayah Kecamatan Berbah menunjukkan sangat setuju 71,4 % dan setuju 28,6 %. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi ini layak dan dapat digunakan dengan baik.

Kata Kunci: Costumer Relationship Management (CRM) layanan tamu, Kecamatan,  SMS Gateway.

Full Text:

PDF

References


Nur Saputra Hadi. 2010. “Implementasi SMS gateway Dalam informasi harga pemesanan Handphone dengan pemrograman Delphi 6.0â€. Yogyakarta: Skripsi Informatika UAD.

Rina Sapariyani.2010. “Pengembangan sistem informasi Akademis Via SMSâ€. Yogyakarta: Skripsi Informatika UAD.

Malia Kandou. 2010. “Aplikasi Pendaftaran Pasien Berobat Via Smsâ€. Yogyakarta: Skripsi Informatika UAD.

James G. Barnes.2003. Secrets Customer relationship Management. Yogyakarta: penerbit Andi.

Handayani, sabtaji. 2012. “Membuat SMS Gateway dengan Delphi 7â€. Semarang: Widya Media.

Kristianto.2004. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Kristianto.2004. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Handayani, sabtaji. 2012. “Membuat SMS Gateway dengan Delphi 7â€. Semarang: Widya Media




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Galih Pamungkas, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.