Aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Logistik Alat Pada UKM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Berbasis Web

Adi Wiguna, Fiftin Noviyanto

Abstract


Logistik adalah proses pengolahan yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, penghapusan dan pengendalian. Pada UKM Universitas Ahmad Dahlan pengolahan data alat, pengolahan peminjaman dan pengadaan masih menggunakan sistem manual yang kemungkinan besar data-datanya dapat hilang. Maka, tujuan dibangun sistem informasi pengolahan logistik alat pada UKM Universitas Ahmad Dahlan untuk mendapatkan jalur komunikasi antara UKM dengan BIFAS dan menyediakan suatu informasi pengolahan data alat UKM. Aplikasi yang dibangun berguna mengurangi kesalahan dalam pendataan alat dan pengolahan logistik yang lebih efisien.

Penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan pada UKM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta kemudian melakukan pengumpulan data. Selanjutnya, melakukan perancangan Antarmuka (interface), Diagram konteks, ERD dan relasi antar tabelnya. Implementasi program ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL, dan pemodelan waterfall sebagai metode perancangan perangkat lunak. Layanan menu-menu pengolahan logistik pada aplikasi ini sangat penting sebagai faktor utama keberhasilan Pembangunan aplikasi ini, menu peminjaman berguna untuk menghubukan antar peminjam dengan petugas dan menu pengadaan dapat menghubungkan antara UKM dengan BIFAS Universitas Ahmad Dahlan. Tahap pengujiannya menggunakan Black Box Test dan Alpha Test.

Telah dapat dibangun suatu Aplikasi Sistem Informasi pengolahan data logistik alat pada UKM Universitasn Ahmad Dahlan berbasis Web yang berguna untuk mengelola data UKM, data logistik, data peminjam, data petugas dan pengadaan alat UKM. Berguna untuk membantu kinerja petugas logistik setiap UKM agar lebih efisien dalam pendataan alat, pengolahan peminjaman maupun pengadaan alat. 

Kata Kunci : Sistem Informasi Berbasis Web, Logistik Alat , UKM Universitas Ahmad Dahlan.


Full Text:

PDF

References


Al Fatta, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sutanta, E.2004.Sistem Basis Data. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yatimah, Durotul. 2009. “Kesekretariatan Modern & Administrasi Perkantoran”. Bandung . Penerbit Pustaka Setia

Pressman, R S.(2002).Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku I), Terj. Software Engineering:A Practitioner’s Approach (1st ed.), LN Harnaningrum (Pen.).Yogyakarta:Penerbit Andi.

Connolly, Thomas & Begg, Carolyn. (1996). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. New Jersey : Prentice Hall.

Kadir, Abdul. (2008). Pengenalam Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Kendall, K. E., & Kendall, J .E .(2007). Analisis dan Perancangan Sistem (edisi 5), Terj. System Analysis and Design (5th ed.), A. H. Al-Hamdany (Pen.), M. Azhari (Ed.). Jakarta: Indeks.

McLeod, R., & Schell, G. (2004). Sistem Informasi Manajemen (edisi 8), Terj. Management Information System (8th es), H. Teguh (Pen), A. Widyantoro (Ed.). Jakarta : Indeks.

Pressman, R. S. (2002). Software Engineering : A Practitioner’s Approach. New York : McGraw Hill.

Bowersox, Donald (2002). Manajemen Logistik (edisi 3), A. Hasim Ali (Pen). Jakarta : Sinar Grafika Offset.

Nugroho B., 2008, Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX (6, 7, 2004) dan 8, Gava Media, Yogyakarta.

Wahana Komputer, 2006, Menguasai Pemrograman Web dengan PHP 5, Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2935

Article Metrics

Abstract view : 328 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal