MODEL PERENCANAAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) DI CV MSA FURNITURE DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Nurul Hidayah, Sri Handayaningsih

Abstract


CV MSA Furniture merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture. Dalam CV MSA Furniture ini terdapat berbagai macam bidang diantaranya: marketing, produksi, pengadaan bahan baku, supervisor dan lain sebagainya. Produksi yang dihasilkan seperti meja, kursi, almari dan aksesoris interior atau eksterior sudah banyak dikirim ke berbagai negara di Asia, Eropa. Pelaksanaan proses bisnis saat ini masih dilakukan secara manual dan hanya ada satu sistem informasi yaitu sistem informasi pemesanan produk berbasis web. Dalam penggunaan sistem pemesanan tersebut hanya bisa mendaftar data produk dan memberikan informasi mengenai produk. Sistem tersebut belum sepenuhnya mewakili proses bisnis yang ada. Selain itu, pada CV.MSA Furniture belum ada perencanaan strategi sistem informasi dan teknologi informasi ke depan sebagai acuan untuk membangun atau mengembangkan sistem informasi yang selaras dengan strategi bisnis dan mendukung kebutuhan bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu model perencanaan arsitektur enterprise untuk mendukung CV. MSA Furniture dalam meningkatkan kinerjanya dengan mengacu pada tujuan bisnis dan proses bisnis serta teknologi yang ada di CV. MSA Furniture. Penelitian dimulai dengan mengetahui ruang lingkup kinerja CV. MSA Furniture, pengumpulan data, menganalisis sesuai kebutuhan data, permasalahan yang terjadi serta proses bisnis yang sudah berjalan di CV. MSA Furniture, dengan membangun model perencanaan arsitektur enterprise melalui pembuatan arsitektur informasi, arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi, dan pembuatan rencana strategi pembangunan atau pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi yang berupa road map. Dan juga memberikan rekomendasi pemodelan sistem tersebut kepada CV. MSA Furniture. Hasil penelitian adalah sebuah rekomendasi perencanaan enterprise architecture planning (EAP) untuk strategi pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi yang berdasarkan zachman framework berupa model arsitektur dan road map. Hasil pengujian yang telah dilakukan menyatakan bahwa rekomendasi yang telah dibuat sesuai atau layak dengan prosentase 100% untuk diterapkan di CV. MSA Furniture.

 

Kata kunci: EAP, Zachman Framework, CV. MSA Furniture, Road Map


Full Text:

PDF

References


Basir, Azhar.2013.”Enterprise Architecture Planning Produksi Gula Dengan Zachman Framework (Studi Kasus : P. G. Madu Baru Yogyakarta)”.Yogyakarta.

Brit.2010.Furniture.Http://wordiq.com/definition.furniture. diakses 24 november 2013

Fathansyah.2001.”Basis Data”. Informatika, Bandung.

Gagne,D.2010.www.popkin.com/product/system_architect/business_modeling, diakses 13 November 2014

Hastiany.2012.”Pembuatan Enterprise Architecture Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Zachman (Studi Kasus : Pimpinan Pusat Muhammadiyah)”. Yogyakarta.

Jogiyanto, HM.2006.Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. CV.Andi Offset : Yogyakarta.

Sumunaring Tyas, Tities.2012.”Perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP) Pada Proses Manajemen Aset Dengan Zachman Framework”. Yogyakarta.

Surendro, Kridanto.2007.“Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi”.Informatika, Bandung. (Volume I; 1-9)

Surendro, Kridanto.2009.Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Informatika, Bandung

Trickovic, Ivana dkk.2010.http://bmpi.org/over_diagram/BPMN. diakses 13 November 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2931

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 653 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal