SISTEM INFORMASI UJIAN MANDIRI ONLINE BERBASIS WEB DI SMP N 1 SRANDAKAN

Endri Rahmawanto, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Ujian online (Online Test) merupakan salah satu metode penilaian hasil pembelajaran atau mengukur tingkat kemampuan seseorang menggunakan komputer. [4] Metode pembelajaran seperti ini sangat membantu untuk proses penilaian hasil belajar, karena penilaian seperti ini sangat akurat dan meminimalisirkan terjadinya human error, berbeda dengan ujian manual menggunakan lembar jawaban kertas. Faktor kecurangan dan contek mencontek sesama siswa masih sering terjadi pada proses ujian tertulis dan guru sebagai pemberi hasil nilai akhir masih mengalami kesulitan dalam menilai lembar jawab siswa satu persatu. Dari permasalahan tersebut, sehingga dilakukan penelitian untuk membuat sebuah aplikasi ujian mandiri online berbasis web di SMP N 1 Srandakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi ujian mandiri online berbasis web sebagai pendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan design user interface seperti halaman ujian online, administrator, siswa, pengaturan ujian, peserta ujian, mata pelajaran, kelas, soal, nilai dan rangking. Pembuatan perancangan pemodelan sistem seperti use case diagram ujian, activity diagram ujian, sequence diagram proses ujian, collaboration diagram ujian, class diagram dan relasi antar tabel. Serta pengujian sistem menggunakan black box test untuk mengecek kesalahan pada sistem berupa menu inputan dan kesalahan user interface dan alpha test untuk mengecek saat terjadinya proses ujian yang dilakukan oleh siswa. Hasil dari penelitian adalah terbentuknya sistem informasi ujian mandiri online berbasis web di SMP N 1 Srandakan. sistem ini mampu memberikan hasil nilai ujian secara langsung kepada siswa setelah selesai ujian. Sistem ini dapat memberikan hasil perangkingan siswa berdasarkan mata pelajaran yang telah berhasil diujikan. Hasil dari uji coba yang dilakukan oleh beberapa guru dan siswa smp menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar di SMP N 1 Srandakan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Computer Based Test, Ujian Online, Online Test, Aplikasi Ujian Online.    


Full Text:

PDF

References


Arum Nugraheni, Agustia. 2008. Aplikasi Ujian Masuk Untuk Siswa SMK Berbasis Client-Server. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

elearning.uad.ac.id. 2014. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, http://elearning.uad.ac.id/

Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML. Yogyakarta: Andi.

Wibowo, Eko Wahyu. 2014. Computer-Based Test (CBT) Sebagai Sarana Evaluasi Pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endri Rahmawanto, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.