Pembuatan Model CRM (Customer Relationship Management) di PT. Mandar Utama Tiga Yogyakarta Dengan Metode Operational, Analytical dan Collaborative

Isliyati Isliyati, Sri Handayaningsih

Abstract


Teknologi informasi di PT. Mandar Utam Tiga Yogyakarta pada dasarnya sudah diterapkan namun belum secara optimal. Hubungan antara perusahaan dengan customer yang belum terjalin dengan baik menyebabkan pertukaran, pencaharian, pelayanan ataupun penyebaran sebuah informasi menjadi kurang efisien dan efektif, ditambah pula dengan masalah keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga membuat interaksi antar perusahaan dengan customer tidak berjalan dengan baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan identifikasi strategi bisnis pada desain model CRM. Identifikasi strategi bisnis pada perusahaan dilakukan dengan menerapkan strategi analisis CRM yang dibagi menjadi tiga, yaitu Operational CRM, Analytical CRM dan Collaborative CRM. Dalam hal ini dilakukan analisis mengenai implementasi CRM, permasalahan dalam implementasi, tantangan dalam implementasi CRM dan segmentasi pelanggan. Pada tahap Operational CRM dilakukan identifikasi kebutuhan sesuai alur kerja di perusahaan yang kemudian dituangkan dalam bentuk proses bisnis, pada tahap analytical CRM dilakukan identifikasi keadaan saat ini dan harapan masa yang akan datang yang berorientasi pada pelayanan terhadap customer. Collaborative CRM membahas tentang interaksi antar perusahaan dengan kemungkinan jalur komunikasi ke customer, beberapa jalur komunikasi yang dijadikan alat untuk melakukan interaksi seperti web dan chat/SMS, langkah terakhir yaitu pemodelan system dengan mengedepankan teknologi pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga Yogyakarta.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model yaitu: “Pembuatan Model CRM di PT. Mandar Utama Tiga†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia. Hasil uji kelayakan model menunjukan bahwa model yang diusulkan dapat diimplementasikan dan dapat membantu mendukung strategi dalam meningkatkan pelayanan di PT. Mandar Utama Tiga, sehingga terjalin hubungan yang kondusif dengan customer.

Kata kunci: Model CRM, PT. Mandar Utama Tiga, operational, analytical, collaborative.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Mahmud., 2011, Pengertian dan Klasifikasi Model. Jurnal Teknik Simulasi dan Pemodelan , Jilid 2, No 21

Barnes, James G (2003). Secrets Of Customer Relationship Mangement Rahasia Menajemen Hubungan Pelanggan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hendra Prasojo, Ari., SH. 2002. Analisis Konsep Customer Relationship Management (CRM) Dalam Rangka Peningkatan Loyalitas Pelanggan, Karya tulis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Mardhani Sulistyo, Tri., (2012), Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) E-government di Kominfo D.I.Y, karya tulis, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Miftahul ulum, Muhammad., 2011, Artikel Pentingnya CRM (Customer Relationship Management) Untuk Meningkatkan Loyalitas.

Muqaffa, Wieda., 2013, Sistem Informasi Customer Relationship Management CV Budi Utama (Deepublish), karya tulis, Universitas Islam Negeri sunan kalijaga, Yogyakarta.

Oetomo, Budi SD, S.Kom., Simanjuntak, John Philio, SE., MM; Sukoco, Andreas, Ari, Drs., MM (2003). “i-CRM Membina Relasi Dengan Pelanggan.Comâ€. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Surendro, Kridanto.2009. pengembangan rencana induk system informasi. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isliyati Isliyati, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.