SISTEM INFORMASI PERNIKAHAN PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) Di KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

Lukman Nurhakim, Rusydi Umar

Abstract


Kecamatan Banjarharjo dengan jumlah penduduk ± 28860 jiwa mayoritas beragama Islam 99% dan sisanya adalah beragama Nasrani. Sedangkan jumlah peristiwa Nikah, cerai dan Rujuk pertahun yang ditangani kantor urusan agama Kecamatan Banjarharjo sekitar 1627 dengan jumlah pegawai KUA sebanyak 6 orang. Hal ini menjadi tantangan bagi seluruh pegawai kecamatan Banjarharjo untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Banjarharjo karena dalam proses pendaftaran nikah dan rujuk serta pengolahan data nikah, cerai, dan penjadwalan nikah masih bersifat manual, menyebabkan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai KUA masih cukup berat dan memakan waktu lama.

Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah sistem informasi pernikahan, metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem ini adalah dengan cara mengamati langsung proses pendaftaran nikah, rujuk dan pembuatan laporan bulanan maupun tahunan, pengumpuln data yang berupa data nikah, cerai, rujuk dan jadwal pernikahan, analisis sistem dalam sistem informasi pernikahan, serta pengembangan sistem yang meliputi perancangan sistem dan implementasi sistem dengan memanfaatkan Framework CodeIgniter, PHP, dan HTML. Kemudian sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis web dengan kemampuan dapat melakukan pendaftaran nikah, rujuk secara online, dan dapat mengelola data nikah, cerai, rujuk dan jadwal pernikahan, kemudian dapat merekap data laporan bulanan maupun tahunan. Dengan adanya sistem informasi pernikahan ini dapat membantu pegawai kantor urusan agama kecamatan Banjarharjo dalam mengelola data yang dibutuhkan dan dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

Kata kunci : Sistem Informasi, WEB, Pernikahan


Full Text:

PDF

References


Sholiq (2006), Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek dengan UML, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yonardo, Rangga. 2009. Perancangan sistem informasi pengolahan data pernikahan di kua maninjau kec.tanjung raya kab.agam dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

Rukmaningsih, Tyas. 2012. Perancangan sistem pengolahan data pernikahan pada kantor urusan agama (kua) kecamatan muntilan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lukman Nurhakim, Rusydi Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.