SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN TOWER BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) MENGGUNAKAN KRITERIA BAYES YANG DISERTAI LETAK GEOGRAFISNYA

Abdul Jawad, Murinto Murinto

Abstract


Perusahaan telekomunikasi PT. Smartfren berusaha untuk mempertahankan pasar agar tidak kalah bersaing dengan media telekomunikasi lainya, salah satunya yaitu dengan memperbanyak tower BTS di daerah yang belum ada  tower BTS tersebut. Dengan diberlakukanya kebijakan PT. Smartfren tersebut maka semakin banyak pendirian tower BTS tanpa memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan mereka, semakin sedikitnya lahan strategis semakin mempersulit para pendiri tower untuk mengambil keputusan. Tujuan peneliltian ini memberikan solusi berbasiskan teknologi informasi berupa sistem pendukung keputusan yang akan memberikan output berupa nilai prioritas yang akan menjadi pertimbangan penentuan lokasi pembangunan BTS dan  dikembangkanya Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Kriteria Bayes Yang Disertai Dengan letak Geografisnya dapat membantu proses perhitungan setiap skor dari setiap pertanyaan yang digunakan sebagai indikator dalam penentuan lokasi.

Penelitian ini dikembangkan melalui beberapa tahap yang meliputi mendengar user, menganalisa kebutuhan sistem (spesifikasi kebutuhan, pemodelan proses, pemodelan data dan model keputusan), membuat suatu rancangan secara urut dimulai dari perencangan algoritma, tabel, menu, dan form, serta mengimplementasikan semua rancangan dan diakhiri dengan pengujian sistem. Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 serta dengan database Microsoft Acces. Pengujian sistem dilakukan dengan black box test dan alpha test.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Kriteria Bayes Yang Disertai Dengan letak Geografisnya yang dapat membantu user dalam mengambil suatu keputusan untuk menentukan lokasi pendirian tower BTS yang baru. Sistem ini telah melalui tahap pengujian yang hasilnya sangat setuju 72,5% dan setuju 27,5%  dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dinyatakan baik.

Kata kunci       : BTS, kriteria bayes, lokasi BTS, sistem pendukung keputusan.

Full Text:

PDF

References


Indika, M, 2010, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) Pada PT. XL Axiata Tbk- Medan Dengan Metode Analytic Hierarcy Process (AHP),Tugas Akhir S1 Universitas Medan.

Oktafiani, E, 2007, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Counter Handphone Disertai Petunjuk Geografisnya Di Yogyakarta, Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Zahrotun, L, 2007, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Daerah Lokasi Perumahan Menggunakan Kriteria Bayes Yang Disertai Letak Geografisnya, Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Ni’mah, A, N, 2009, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Klinik, Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Daihani, U, D, 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Budianto, E, 2005, Sistem Informasi Geografis Menggunakan ArcView GIS, Andi Offset, Yogyakarta.

Winiarti, S, 2004, Buku Kuliah Sistem Informasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Setiadi, T, 2006, Modul Analisis dan Desain Sistem Informasi, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiono, W,2000, Buku Kuliah Basis Data, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Supranto, J, 1991, Teknik Pengambilan Keputusan, Rineka Cipta, Jakarta.

Suryadi, K danRamahani, A, 2002, Sistem Pendukung Keputusaan, Remaja Roda Karya, Bandung.

Presman, R, S, 2001, Software Engenering: Apractioner’s Approach, Mc Grow-Hill.

Tarmuji, A, 2005, Buku Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Jawad, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.