APLIKASI PRESENSI SISWA BERBASIS WEB YANG TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY STUDI KASUS SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Catur Prasongko, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Presensi merupakan salah satu faktor penentuan kedisiplinan dalam suatu sekolah ataupun sebuah instansi. Kecurangan sering terjadi pada proses presensi dan mengakibatkan kurang disiplinnya dalam sistem presensi yang tercatat dalam buku serta tidak akuratnya data laporan presensi. Aplikasi presensi  berbasis web yang terintegrasi dengan SMS gateway sebagai media  komunikasi ini dikembangkan untuk mengurangi tingkat kecurangan yang sering terjadi seperti manipulasi data presensi siswa, serta dengan sistem ini juga pemantauan kedisiplinan siswa dapat terlihat melalui report SMS gateway yang dikirimkan untuk orang tua siswa. Dipilihnya teknologi komunikasi dalam bentuk SMS ini dikarenakan lebih praktis, murah dan efisien untuk menyampaikan informasi.

Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah aplikasi presensi siswa berbasis web yang terintegrasi dengan SMS gateway. Metode  yang  digunakan dalam menyelesaikan  tugas  akhir ini  adalah mengamati langsung proses pengambilan presensi siswa, pengumpulan  data  yang meliputi data siswa, data tanggal libur dan laporan presensi, analisis sistem baik kebutuhan fungsional maupun nun fungsional dalam aplikasi presensi, serta pengembangan aplikasi yang meliputi perancangan sistem dan implementasi sistem aplikasi presensi, dan pengujian sistem ini menggunakan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi presensi siswa berbasis web yang terintegrasi dengan SMS gateway dengan kemampuan dapat merekap data presensi siswa dengan cepat dan memberikan data laporan presensi yang akurat serta dapat memberikan informasi dengan cepat untuk presensi siswa ke orang tua wali murid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta khususnya dalam proses presensi.

Kata Kunci : Presensi, Web, SMS Gateway.


Full Text:

PDF

References


Profil Sekolah. 1 Oktober 2013. http://smpmuh4jogja.sch.id

Uluwiyah, Ana. 2012. Sistem informasi Absensi Badan Pusat Statistik. Jurnal ilmu pendidikan.

Faisal, Imam Agus. 2010. Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis SMS Gateway Guna Mempercepat Penyampaian Data Absensi Siswa. Jurnal Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Catur Prasongko, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.