ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA HASH BASED PADA MARKET BASKET ANALYSIS DI APOTEK UAD

Orisky Sitra Arifah Destiyati, Eko Aribowo

Abstract


Dalam aturan asosiasi data mining, terdapat beberapa algoritma diantaranya adalah algoritma apriori, algoritma hash base, algoritma fp growth, dan algoritma fuzy c covering. Masing-masing algoritma memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua algoritma aturan asosiasi yaitu algoritma apriori dan algoritma hash based dengan studi kasus pemesanan obat di Apotek UAD dimana apotek tersebut secara periodik diharuskan menyuplai obat untuk mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Oleh karena itu, penelitian ini juga dilaksanakan untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa KKN UAD dalam memesan obat untuk melaksanakan KKN, sehingga nantinya manager akan menyuplai obat-obat tertentu berdasarkan pemesanan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN.

Penelitian dilakukan dengan membangun sebuah sistem yang menghasilkan waktu penambangan data dari masing-masing algoritma. Dari hasil pencatatan waktu tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kecepatan masing-masing algoritma dalam menambang data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung ke Apotek UAD. Data diolah dan dikelompokkan berdasarkan merk masing-masing obat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada beberapa uji coba yang telah dilakukan, diketahui algoritma apriori memiliki waktu yang lebih cepat dalam menambang data dibandingkan algoritma hash based. Dan telah diketahui kecenderungan pemesanan obat mahasiswa KKN, dengan nilai support lebih dari 30% dan nilai confidence lebih dari 70%.

 

Kata kunci : Algoritma Apriori, Algoritma Hash Based, Market Basket Analysis


Full Text:

PDF

References


Kusrini. 2009. Algoritma Data Mining. CV Andi Offset. Yogyakarta

Yulita Marsela, S. Moertini Veronica. 2004. Analisis Keranjang Pasar Dengan Algoritma Hash-Based Pada Dara Transaksi Penjualan Apotek. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.

Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan Algoritma Hash Based

http://eprints.unsri.ac.id/83/1/6-Erwin.pdf(diunduh pada tanggal 18 April 2012)

Penggunaan Metode Fuzzy C-Covering untuk Analisa Market Basket pada Supermarket

http://puslit2.petra.ac.id/gudangpaper/files/1091.pdf(diunduh pada tanggal 20 April 2012)

Setyawan, Bambang. 2011. Analisa Keranjang Pasar Pada Toko Apotek Menggunakan Algoritma Hash Based. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Orisky Sitra Arifah Destiyati, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.