SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN METODE KRITERIA BAYES ( STUDI KASUS RUMAH KEBUN JAMUR YOGYAKARTA )

Rosary Indah Dewi, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Dalam membudidayakan jamur tiram memiliki faktor-faktor yang sangat berpengaruh pada budidaya jamur tiram yaitu media tumbuh jamur, proses sterilisasi bag log (F-3 atau F-4) dan menjaga lingkungan tumbuh jamur yaitu faktor lingkungan dalam rumah jamur yang meliputi media tanam, suhu, kelembaban ruangan, cahaya dan sirkulasi udara. Maka dari itu petugas harus melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk menentukan lokasi yang cocok untuk tempat budidaya jamur dengan kualitas baik. Hasil dari pengecekan ditulis secara manual dalam bentuk laporan. Hal ini dapat menyulitkan petugas. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dibangunlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Budidaya Jamur dengan Metode Kriteria Bayes.

Sistem dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, penentuan alternatif lokasi yang berhak menjadi tempat budidaya jamur dilakukan dengan melakukan perhitungan menggunakan metode Bayes pada bobot masing-masing kriteria yang ada ditiap alternatif. Perancangan sistem terdiri dari merancang alur keputusan, merancang tabel keputusan, konteks diagram dan DFD, perancangan model terdiri dari Entity Relationship Diagram (ERD), Mapping Table serta perancangan tabel dan pengujian sistem secara Blackbox Test dan Alpha Test.

Dari penelitian ini dihasilkan “Sistem Pendukung Keputusan Penetuan Lokasi Budidaya Jamur dengan Metode Kriteria Bayes†yang dapat digunakan untuk membantu petugas dalam menyeleksi lokasi cocok untuk budidaya jamur di Rumah Kebun Jamur Yogyakarta.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Metode Bayes


Full Text:

PDF

References


Daihani, U. D., 2001, Komputasi Pengambilan Keputusan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto, H. M, 1999, Analisis Desain Sistem Infomasi Pendekatan Terstruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.

Kadir, A., 1998, Konsep Tuntunan Praktis Basis Data, Andi Offset, Yogyakarta.

MugiHartanti, 2006, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin dengan Kriteria Bayes, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Turban, E., Aronson. J.E, PengLiang.T, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems Edisi 7 Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Marlina, Asti., 2010, Metode Bayes untuk Menentukan Kelayakan Calon Tenaga Kerja Ke Luar Negeri, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Sains, Institut Teknologi Surabaya, http://www.stikombinaniaga.ac.id/journal/48ef469212.pdf Diunduh pada tanggal 7 November 2012.

Roger S. Pressman, Ph.D , 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (BukuSatu), Andi Offset, Yogyakarta.

Simarmata, Janner., 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosary Indah Dewi, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.