IMPLEMENTASI METODE CANNY UNTUK DETEKSI TEPI MUTU DAUN TEMBAKAU

Arief Yudiyanto, Murinto Murinto

Abstract


Uji Kualitas mutu daun tembakau Temanggung berdasarkan kerusakan maih dilakukan secara manual menggunakan penglihatan masusia. Untuk itu fungsi mata manusia digantikan dengan proses otomatisai yang dapat mengetahui kualitas mutu daun berdasarkan kerusakan secara lebih cepat dan akurat. Proses yang dilakukan adalah dengan mendeteksi kerusakan berupa lubang atau permukaan daun tembakau menggunakan metode Canny.

Pada penelitian ini, proses otomatisasi uji mutu daun tembakau dilakukan dengan mendeteksi kerusakan pada daun tembakau menggunakan metode deteksi tepi Canny dengan menggunakan software Borland Delphi7.0. kemudian dilakukan perbandingan terhadap citra daun acuan dan citra daun uji dengan operasi jumlah pixel untuk menentukan jenis mutu daun tembakau. Kualitas dari suatu daun tembakau dikategorikan menjadi tiga yaitu mutu baik, mutu sedang, dan mutu buruk. Ada beberapa langkah program yang dilakukan dalam metode canny yaitu pelembutan (smooting), citra smooting kemudian dihitung potensi gradien citra dengan operator sobel, langkah selanjutnya adalah Non-maksimum suppresion, kemudian apply hysteresis dengan edge linking. Proses hasil dalam kualiatas mutu daun tembakau adalah perbandingan hasil jumlah pixel merah pada citra acuan dan jumlah pixel merah pada citra uji lalu dikalikan 100 % untuk mendapatkan prosentasenya.

Dari penelitian ini yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil dari deteksi tepi menggunakan metode Canny menghasilkan titik tepian yang bersambung cukup jelas sehingga mempermudah dalam uji mutu daun teambakau. Dari hasil pengujian program dengan menggunakan 30 sempel citra daun tembakau didapat akurasi kebenaranya sebasar 90% sehingga aplikasi ini layak digunakan.

Kata kunci : Deteksi tepi, Mutu daun tembakau, metode canny.


Full Text:

PDF

References


Arifin Muhamad, 2008, “Analisis Perbandingan Deteksi Tepi Citra Mengunakan Metode Canny, Gradien, Dan Laplapcian Of Gaussianâ€, Skripsi UAD, Yogyakarta.

Sigit, Riyanto. 2005, “Step by Step Pengolahan Citra Digitalâ€, Andi Publisher, Yogyakarta.

Rea Jhones, 2005, Penggunaan Algoritma Canny Untuk Pendeteksian Sisi Pada Citra Digital, Unikom, Bandung.

Analisis Mutu, Produktivitas, Keberlanjutan repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/.../Bab%202%202006mhs.pdf, (Diakses 6 juli2012).

ditjenbun.deptan.go.id/.../komoditi%20tanaman%20tembakau.pdf, (Diakses 9 Juli 2012). 13 Jurnal Informatika, 25 Februari 2014

Nurohman Aji, 2009Aplikasi Analisis Tekstruktur Menggunakan Metode Canny untuk Mendeteksi Kanker Servik, repository.upi.edu/operator/upload/s_geo_0607448_chapter2.pdf, (Diakses 12 Juli 2012).

Munir Rinaldi, 2008, “Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmatikâ€, Penrbit Informatika, Bandung.

Murinto.2008. Modul Praktikum Pengolahan Citra. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakatra.

Achmad, Balza dan Kartika Firdausy, 2005, Teknik Pengolahan Citra Digital menggunakan Delphi, Ardi Publishing, Yogyakarta.

http://www.mdp.ac.id/materi/2011-2012-1/TI419/051038/TI419-051038-877-3.ppt, diakses tanggal (6 februari 2014).

http://repository.upnyk.ac.id/1979/1/8_BAYU-JURNAL.pdf, Diakses tanggal10 Februari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arief Yudiyanto, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.