PEMBUATAN MODEL CRM PADA DON’Q DONUTS (STUDI KASUS : DON’Q DONUTS)

Kusworo Bayu Kusumo, Tedy Setiady

Abstract


Don’Q Donuts merupakan salah satu rumah produksi yang bergerak dalam bidang produksi donat. Dalam penjualan produksi yang dilakukan akhir-akhir ini mengalami penurunan. Banyak keluhan terhadap rasa donat yang tidak tetap (berubah tanpa disengaja). Pemasaran yang dilakukan pihak Don’Q Donuts juga tidak maksimal, karena semua proses bisnis yang berjalan di Don’Q Donuts belum memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah produksi maupun pendapatan dalam setiap bulannya.

 

Dengan adanya berbagai masalah yang ada di Don’Q Donuts maka akan dilakukan sebuah penelitian, dimana subyek yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu “ Pembuatan Model Customer Relationship Management (CRM) Pada Don’Q Donutsâ€. Model ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi bisnis dimasa yang akan datang juga meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan penjualan di Don’Q Donuts.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan model sistem yaitu “ Kerangka Model CRM di Don’Q Donuts†yang dapat memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan customer melalui media layanan yang tersedia.

 

Kata kunci : Customer Relationship Management (CRM),Don’Q Donuts


Full Text:

PDF

References


http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/762/697 di akses pada tanggal 20 Mei 2013

Buttle Francis. 2004. Customer Relationship Management. Malang : Bayu Media Publisin

Ghozali Imam. 2008. Pembuatan Model CRM pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi Daerah Yogyakarta. Yogyakarta : UAD

http://yohanesadityawijaya.blogspot.com/2010/08/customer-relationshipmanagement-crm.html di akses pada tanggal 10 Oktober 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kusworo Bayu Kusumo, Tedy Setiady

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.