SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SUPPLIER TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Muhammad Arifin Setyawan, Sri Winiarti

Abstract


Fungsi supplier sebagai pemasok barang yang sering tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan disebabkan oleh keterlambatan waktu pengiriman, kualitas barang yang dikirim tidak sesuai permintaan dan tidak menutup kemungkinan supplier tidak dapat menyediakan barang yang diminta oleh perusahaan. Hal ini membuat perusahaan mengalami kesulitan dalam memilih supplier yang tepat sehingga perusahan harus pandai memilih supplier yang tepat. pemanfaatan Metode Weighted Product dalam menentukan supplier terbaik akan sangat membantu dalam pemberian solusi.

 

Subjek dalam penelitian adalah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan supplier terbaik. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka, wawancara dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi system requirements, desain model dan alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, implementasi dan pengujian. Sistem yang dikembangakan menggunakan konsep Weighted Product dengan perhitungan Multi criteria decision making (MCDM) dan pengujian sistem dengan black box test dan Uji statistik hipotesa mean.

 

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan untuk menentukan supplier terbaik dengan kemampuan yang dapat memberikan informasi dan rekomendasi penentuan supplier terbaik yang disertai dengan nilai hasil perangkingan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, supplier , multi criteria decision making, Weighted product.


Full Text:

PDF

References


Delfmann, W., & Klaas-Wissing, T. , 2007 , Strategic Supply Chain Design: Theory, Concepts, and Applications, Kölner Wissenschaftsverlag, koln.

Winda Sulistiana., 2013, Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), Skripsi S-1, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya : http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2013/02/Analisis-Pemilihan-Supplier-B-Menggunakan-Metode-Fuzzy-Analytical-Hierarchy-Process-FAHP.pdf [3 september 2013].

Sartin., 2009, Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Multi Criteria Decision Making (Mcdm) With Promethee Dan Goal Programming Diperusahaan Azam Jaya Sidoarjo, Skripsi S-1, UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya : http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/tekmapro/article/download/309/254 [3 September 2013]

Supranto, Johannes., 2005, Teknik Pengambilan Keputusan, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sri Kusumadewi., 2006, Fuzzy Multi Attribute Becision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Arifin Setyawan, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.