RANCANG BANGUN SIG PEMANTAUAN PENYEBARAN PENYAKIT DBD KABUPATEN SIAK BERBASIS WEB

Zul Fachmi, Ali Tarmuji

Abstract


Kesehatan merupakan salah satu faktor kualitas hidup yang mencerminkan pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Dinas Kesehatan Kabupaten Siak masih kesulitan untuk pemantauan lokasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue disetiap daerah-daerah yang ada di Kabupaten Siak dikarenakan belum adanya informasi dalam bentuk peta. Selain itu, pengolahan data yang terkait tentang penyakit demam berdarah dengue belum terintegrasi secara maksimal karena data masih tersimpan dalam bentuk arsip teks. Penyajian informasi penyakit demam berdarah dengue masih sebatas brosur dan leaflet sehingga mengalami kesulitan dalam penanggulangan penyebaran penyakit demam berdarah dengue di Kabupaten Siak. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Agar seluruh upaya itu berjalan lancar, diperlukan sosialisasi serta pemahaman tentang penyakit demam berdarah dengue kepada masyarakat. Oleh karena itulah sistem informasi geografis merupakan suatu solusi yang akan diberikan guna menunjang pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Siak untuk dapat membantu masyarakat banyak.

Topik dalam penelitian ini adalah Rancang Bangun SIG Pemantauan Penyebaran Penyakit DBD Kabupaten Siak Berbasis Web. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan literatur. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, analisis kebutuhan sistem, analisis kebutuhan proses, perancangan antarmuka, implementasi dan pengujian sistem berupa Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah Rancang Bangun SIG Pemantauan Penyebaran Penyakit DBD Kabupaten Siak Berbasis Web. Dengan kesimpulan SIG ini mampu memberikan informasi tentang peta penyebaran penyakit DBD dan dapat mengetahui tinggi dan rendahnya kasus DBD disetiap kecamatan serta dapat mencari data kasus DBD berdasarkan tahun. Dari pengujian dihasilkan sangat setuju (SS) 50% dan setuju (S) 47,1% sehingga aplikasi ini membantu pengguna dengan baik dan layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci : SIG, pemantauan, penyebaran, DBD, Kabupaten Siak.


Full Text:

PDF

References


Indonesia. Departemen Kesehatan R.I. Pedoman Sistem Informasi Manajemen Puskesmas. Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Depkes. R.I. Jakarta.1997.

Muninjaya,A.A.Gde, 2007,Manajemen Kesehatan Edisi 2, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Fathan Hidayatullah, Ahmad, 2010, Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Penanganan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah (Studi Kasus Di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta), Skripsi-S1, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dwi Asstuti, Heni, 2010, Perancangan Sistem Informasi Geografis Penyebaran DBD Di Wilayah Kota Depok Dengan Menggunakan Arcview, Skripsi-S1, Universitas Gunadarma, Depok.

Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Siak. 2011.

Kristanto, Andri, 2003, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.

Edi Prahasta, Ir., MT., 2002, “Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografisâ€, Informatika, Bandung.

Janner Simarmata, 2007, Perancangan Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2008, Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andi, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit, 2009, Aplikasi Pemograman Web Dinamis Dengan PHP dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2009, Membuat Aplikasi Web Dengan PHP dan Database MySQL, Andi Offset, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit, 2004, PHP & MySQL Dengan Editor Dreamweaver MX, Gava Media, Yogyakarta.

Widiyanto, Rahmad, 2007, Teknik Profesional Photoshop CS 3, PT. Elex Komputindo, Jakarta.

Sirenden, Bernadus Herdi, Dkk, 2012, Aplikasi Peta Menggunakan Codelgniter dan Google Maps Api, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zul Fachmi, Ali Tarmuji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.