PENGGUNAAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN ATURAN ASOSIASI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT DI APOTEK (Studi Kasus : APOTEK UAD)

Ratih Rifaatul Mahmudah, Eko Aribowo

Abstract


Apotek merupakan salah satu sarana penyedia obat. Setiap hari di apotek terjadi puluhan transaksi penjualan obat. Data transaksi tersebut akan bertambah setiap harinya, sehingga semakin banyak data transaksi penjualan yang tersimpan yang menyebabkan penyimpanan yang sangat besar, biasanya data transaksi tersebut hanya di simpan sebagai arsip. Data transaksi tersebut dapat digunakan untuk mencari pola penjualan obat di apotek. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian untuk mengembangkan aplikasi komputer untuk mencari pola atau aturan asosiasi antar item obat di dalam transaksi penjualan apotek.

Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah aplikasi untuk menemukan aturan asosiasi pada data transaksi penjualan obat. Aturan asosiasi merupakan salah satu teknik data mining untuk mencari pola data transaksi penjualan obat. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mencari aturan asosiasi adalah algoritma FP-Growth dengan menggunakan dua parameter yaitu minimum support dan minimum confidence. Pembangunan implementasi menggunakan visual basic .net dan database menggunakan sql server. Untuk pengujiannya menggunakan Alpha Test dan Black box Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak dengan menggunakan algoritma FP-Growth untuk menemukan aturan asosiasi pada data transaksi penjualan obat dimana hasil pola penjualan obat yang dilakukan pembeli sangat bervariasi.

Kata Kunci : Datamining, FP-Growth, Aturan Asosiasi

Full Text:

PDF

References


Pramudiono, iko. 2003. Pengantar Data Mining : Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data. Ilmukomputer.com.

Kusrini, Luthfi, Emha Taufiq. 2009. Algoritma Data Mining, Andi, Yogyakarta.

Prittahastari, M., 2007, Penerapan Teknik Aturan Asosiasi dalam Data Mining untuk pencarian pola peminjam Buku Perpustakaan (Studi Kasus : Perpustakaan FMIPA UGM), Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-UGM, Yogyakarta.

Dwi Jayanti, Aprilia., 2009, Market Basket Analysis Dengan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Di Swalayan, Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-UGM, Yogyakarta.

Samuel, David, Penerapan Struktur FP-Tree dan Algoritma FP-Growth dalam Optimasi Penentuan Frequent Itemset, Jurnal, Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika, ITB, Bandung.

Kusrini, Lutfi, Emha Taufiq. 2009. Definisi Data Mining, Jurnal, Jurusan Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Novrina, Konsep Data Mining. online tersedia :"Konsep Data mining"novrina.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Association+Rule.pdf [25 desember 2013 pukul 11.00]




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ratih Rifaatul Mahmudah, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.