PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELAHIRAN BAYI MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULES (Studi Kasus: RSKIA BHAKTI IBU YOGYAKARTA)

Hasni Griya Anatasia, Tedy Setiadi

Abstract


 

Tingginya laju pertumbuhan penduduk disebabkan masih lebih tingginya tingkat kelahiran bayi dibanding tingkat kematian. Pertumbuhan penduduk yang tinggi menyebabkan hasil pembangunan kurang bisa dirasakan masyarakat. Pernikahan dini banyak terjadi di kalangan masyarakat miskin. Tinggi rendahnya kelahiran bayi dalam suatu kelompok penduduk tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhi kelahiran bayi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelahiran bayi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu usia ibu, tingkat pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dan urutan anak lahir.

 

Subjek penelitian yang akan dibahas pada penelitian ini adalah di RSKIA BHAKTI IBU Yogyakarta yang membahas mengenai penerapan data mining untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelahiran bayi menggunakan Association Rules dengan algoritma apriori. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis kebutuhan sistem, perancangan proses, perancangan antar muka, pengembangan sistem data mining, pembuatan sistem, pengujian menggunakan black box test dan alfa test, evaluasi pola yang ditemukan dan presentasi pengetahuan

 

Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi untuk menampilkan informasi dari proses data mining yaitu faktor yang mempengaruhi kelahiran bayi khususnya faktor dalam data rekam medis kelahiran bayi. Informasi yang akan ditampilkan berupa nilai support dan confidence. Semakin tinggi nilai support dan confidence maka semakin kuat nilai hubungan antar item. Hasil dari proses data mining ini dapat digunakan sebagai rekomendasi kebijakan baru bagi BKKBN untuk menekan angka kelahiran bayi yang tinggi.

 

Kata Kunci : Faktor Kelahiran Bayi, Data Mining, Association Rules, algoritma apriori, Support dan Confidence.


Full Text:

PDF

References


Mantra, Ida Bagoes. 2000. Demografi Umum. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi. 2009. Algoritma Data Mining. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Santosa, Budi. 2007. Data mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Han, Jiawei; Kamber, Micheline. 2006. Data Mining: Concepts and Techniques. San Fransisco: Morgan Kaufmann.

Amiruddin. 2007. Penerapan Association Rules Mining Pada Data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Menenmpuh Pola Sertifikasi Guru. Teknik Elektro, FTI ITS, Surabaya.

Badaruddin, Lalu Saptiadi. 2012. Penerapan Data Mining dengan Algoritma Asosiasi untuk Mencari Hubungan Antar Produk dari Pola Transaksi Penjualan pada Swalayan Pamela. Teknik Informatika, FTI Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Bramer, Max, 2007, “ Principles of Data Mining†, Springer, London.

Huda, Nuqon Masykur. 2010. Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus Di Fakultas MIPA Universitas Diponegoro). Teknik Informatika, FMIPA Universitas Diponegoro, Semarang.

Pramudiono, I., 2007, Algoritma Apriori, http://datamining.japati.net/cgibin/indodm. cgi?bacaarsip&1172210143 Diakses pada tanggal 1 November 2012 jam 20.00

Prittahastari, Miranthi. 2012. Penerapan Teknik Aturan Asosiasi dalam data Mining untuk Pencarian Pola Peminjaman Buku Perpustakaan. (Studi Kasus: Perpustakaan FMIPA

UGM). Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hasni Griya Anatasia, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.