PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN CENGKEH BERBASIS WEBSITE

Endriyono Endriyono, Sri Winiarti

Abstract


Sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu yang dapat menyelesaikan masalah seperti yang di lakukan para ahli. Faktor kepastian (Certainty Factor) merupakan salah satu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metrik yang digunakan dalam sistem pakar. Cengkeh (Syzigium aromaticum) merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan yang sangat prospektif untuk di kembangkan. Selain harga bunganya yang mahal seperti emas, semua bagiannya bisa dimanfaatkan serta bernilai jual tinggi. Mahalnya bunga cengkeh tidak dibarengi dengan produktivitas teknik budidaya tanaman yang memadai dapat mendorong timbulnya berbagai gangguan pertumbuhan tanaman. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman cengkeh adalah hama dan penyakit. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman cengkeh. Metode pengupulan data dengan metode wawancara dan study literature. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan interface, inference engine, pembuatan diagram alir data, implementasi dan pengujian. Penelusuran fakta dalam inference engine menggunakan forward chaining, metode yang digunakan adalah certainty factor dan pengujian sistem dengan black box dan alfa test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pakar untuk mendeteksi hama dan penyakit pada panaman cengkeh berbasis website dengan kemampuan dapat memberikan informasi untuk mendiagnosa 6 hama, 4 penyakit dan 21 gejala yang disertai dengan penyebab dan cara penanganannya, serta nilai kepastian (CF) dari hama maupun penyakit yang meyerang tanaman tersebut. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat diterapkan.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Hama dan Penyakit Tanaman Cengkeh, Certainty Factor.

Full Text:

PDF

References


Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar: Menentukan Faktor Kepastian Pengguna Dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan, Yogyakarta, Andi.

Kusumadewi, Sri, 2003, Artificial Intelegence, Teknik dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Winiarti, Sri, 2005, Diktat Kuliah Artificial Intelegence, FTI Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Arief, Rudyanto, 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySql, Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endriyono Endriyono, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.