MEDIA PEMBELAJARAN PENJADWALAN PROSES BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MEMUDAHKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH SISTEM OPERASI

Dian Permana Putra, Imam Riadi

Abstract


Pembelajaran sistem operasi pada materi penjadwalan proses bagi sebagian mahasiswa susah dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 mahasiswa pernah mengambil mata kuliah sistem operasi, terlihat jumlah presentase mahasiswa yang tidak memahami materi penjadwalan proses lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi penjadwalan proses.  Jumlah mahasiswa membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran sistem operasi pada materi penjadwalan proses agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.

Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode literatur, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang naskah, design document, diagram navigasi, memproduksi sistem, pengujian sistem dengan black box dan white-box test, serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t-test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai pembelajaran Sistem Operasi pada materi Penjadwalan Proses bagi mahasiswa, setelah dibangunnya aplikasi media pembelajaran proses dari pengujian terlihat perbedaan dalam tingkat pemahanan dan minat mahasiswa dalam belajar matakuliah sistem operasi khususnya materi penjadwalan proses, hal ini mengacu dengan didapatnya nilai p = 0.004 < 0.05 dari hasil pengujian paired t-test. Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran sistem operasi.

 

Kata Kunci : Sistem Operasi, Penjadwalan proses, media Pembelajaran, Aplikasi,

        Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Septyaningsih, E., 2006, Visualisasi Program Pembelajaran Logika Matematika Untuk Siswa SMA Menggunakan Visual Basic 6.0, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Setiabudi, Wahyu Novian, 2005, Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran fisika bahasan kinetika gerak lurus, Skripsi S-1, Universitas Negeri Semarang.

Suyanto, M., 2005, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Hariyanto, Bambang. 2007. Sistem Operasi. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Permana Putra, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.