DETEKSI PENYAKIT AYAM MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN METODE PERCEPTRON

Diana Riyanti, Ardi Pujiyanta

Abstract


Penyakit ayam merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada ayam dan memberikan kerugian ekonomi yang besar bagi peternak ayam. Penyakit ayam yang hampir sama gejalanya membuat peternak terkadang salah dalam menanganinya. Oleh sebab itu dibangun suatu sistem berbentuk dekstop, yang berguna membantu peternak dalam mendiagnosa suatu penyakit ayam.

 

Jaringan syaraf tiruan menirukan pembelajaran otak manusia. Algoritma jaringan syaraf Perceptron merupakan salah satu metode jaringan syaraf tiruan yang dapat menyelesaikan permasalahan yang rumit. Pemilihan digunakannya metode ini berdasarkan pada algoritma Perceptron yang menerapkan pola pembelajaran dan pelatihan. Tahap pengembangan aplikasi jaringan syaraf Perceptron menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, studi pustaka dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi perangkat lunak meliputi pembuatan basis pengetahuan, pemodelan proses, penetapan input dan target, arsitektur jaringan, pelatihan dan pengujian, perancangan form dan interface, implementasi sistem, dan pengujian sistem yang menggunakan apha test dan black box test. Sumber penelitian diperoleh dari wawancara dengan pihak yang terkait.

 

Berdasarkan Pelatihan yang dilakukan maka aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan yang terbentuk dapat mengenali pola yang ada dengan baik terdiri dari variasi nilai alpha 0.1, 0.3, 0.6, dan 1. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi deteksi penyakit ayam menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dengan Metode Perceptron telah mampu digunakan untuk memberikan diagnosa awal pada penyakit ayam yang cukup akurat yaitu dengan hasil akurasi 90% dengan memakai nilai alpha 1 dari 60 data untuk pelatihan dan 100 data untuk pengujian.

 

Kata Kunci : Perceptron, Jaringan Syaraf Tiruan, Penyakit Ayam

Full Text:

PDF

References


Yanti, Sugi,T. 2008. Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Menggunakan Metode Perceptron. Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

M, Melfachrozi. 2007. Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosa Penyakit Ayam. Skripsi-S1, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

http://www.docstoc.com/docs/112482161/jaringan-saraf-tiruan (pada tanggal 29 Oktober 2012).

Puspaningrum, Diyah. 2006. Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pujiyanta, Ardi. Ir., M.T., 2011, Jaringan Syaraf Tiruan. Penerbit Ardana Media, Yogyakarta.

Arhami, Muhammad. 2005. Pemrograman MATLAB. Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2876

Article Metrics

Abstract view : 674 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal