IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK PENGOBATAN BEKAM DENGAN METODE CASE BASE REASIONING (STUDI KASUS : RUMAH BEKAM MUSLIMAH YOGYAKARTA)

Bagus Imam S.N., Sri Winiarti

Abstract


Pengobatan bekam dapat dilihat bahwa selama ini para ahli pengobatan bekam kurang alat bantu yang lebih cepat, pasti dan efisien karena selama ini hanya menggunakan alat bantu yang konvensional. Pengajaran secara tradisional seperti menggunakan kaedah lisan, tulisan dan media-media bantuan biasa seringkali mempersulit  para tenaga ahli dalam menerjemahkan sesuatu konsep yang sukar dan komplek. Berbagai pengalaman manusia yang lepas serta kesulitan dalam menyerap ilmu, kini coba diatasi serta diperbaiki dengan menggunakan aplikasi desktop. Oleh karena itu perlu dibuat adanya sistem pakar pengobatan bekam. Tujuan penelitian ini menghasikan sistem yang dapat membantu para pakar untuk mengetahui titik bekam, penyakit, penyebab, gambar, saran dan nilai similarity yang tentunya memberi kemudahan dalam penentuan titik bekam dengan cepat dan tepat.

                  Pengembangan perangkat lunak sistem ini meliputi, analisis perangkat lunak yang terdiri dari kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem, dan perancangan basis pengetahuan. Perancangan sistem , terdiri dari konteks diagram dan DFD , perancangan model terdiri dari Entity Relationship Diagram ( ERD ) , Mapping Table dan perancangan Tabel. Implementasi program menggunkan Microsoft visual basic 6.0 dan pengujian Sistem secara Black Box Test dan Alfa Test.

 

Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Sistem Pakar untuk Pengobatan Bekam dengan Metode Case Base Reasioning. Sistem ini mendiagnosa 25 penyakit pada manusia. Keluaran dari sistem adalah hasil diagnosa penyakit yang dilengkapi dengan nilai kemiripan (similarity) yang diperoleh dari hasil perhitungan mengunakan metode Case Based Reasoning, gambar titik bekam, penyebab, serta solusi penangananya.

 

Kata kunci : Sistem pakar, Visual Basic, Case Base Reasoning


Full Text:

PDF

References


Arhami, Muhammad, 2004, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta.

Company, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, http://www.ilkom.unsri.ac.id/dosen/dianpalupirini/materi/algo/BAB%20II%20METODOLOGI.pdf

Kusrini, 2006, Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Nashr, Alu, Musa, Muhammad, 2005, BEKAM Cara Pengobatan Menurut Sunnah Nabi, Pustaka imam Asy-Syafi’i, Jakarta.

Nita, Merlina, M.Kom, 2012, Perancangan Sistem Pakar, Ghalia Indonesia.

Permana, Budi, 2001, Seri Penuntun Praktis Microsoft Access 2002, PT Alex Media Komputindo, Jakarta, 2001.

Kusumadewi, Sri, 2009. Informatika Kesehatan, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tim Penerbit Andi, 2003, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic, Andi Offset, Yogyakarta.

Widodo, 2005, Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpopagration Untuk Diagnosis Pada Penyakit Sistem Peredaran Darah, Yogyakarta : Unicersitas Ahmad Dahlan.

Norcholis, 2013, Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Medis Pada Penyakit Sistem Peredaran Darah Menggunakan Metode Case Base Reasoning, Yogyakarta : Unicersitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bagus Imam S.N., Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.