APLIKASI TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA KE BAHASA ANGKOLA ATAU SEBALIKNYA BERBASIS ANDROID

Aldini Fujiarti, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Bahasa Batak Angkola adalah salah satu bahasa batak yang ada di Sumatra Utara di bagian Tapanuli Bagian Selatan. Jumlah pendatang di Tapanuli bagian Selatan cukup banyak terutama para pekerja yang bekerja di pertambangan dan perkebunan. Secara tidak langsung mereka akan berkomunikasi dengan penduduk asli Tapanuli Bagian Selatan yang semuanya menggunakan bahasa daerah yaitu Bahasa Batak Angkola. Namun Bahasa Batak Angkola sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia, sehingga menyulitkan para pendatang untuk mempelajari Bahasa Batak Angkola. Belakangan ini android sangat diminati oleh banyak masyarakat, dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Android adalah software untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah kamus untuk menerjemahkan kalimat Bahasa Indonesia ke Bahasa Batak Angkola. Metode penelitian dilakukan dengan cara study pustaka dan wawancara. Kemudian melakukan tahap analisis yang terdiri dari analisis data dan analisis user, merancang sistem terdiri dari 6 proses yaitu perancangan flowchart, perancangan proses, perancangan parser, perancangan kamus, perancangan sistem representasi pengetahuan dan perancangan antarmuka. Menginplementasi kan rancangan sistem tersebut menggunakan Eclipse juno. Tahap akhir adalah pengetesan sistem dengan black box test dan alpha test. Penelitian yang dibuat menghasilkan aplikasi yang dapat menerjemahkan kata dan kalimat dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Batak Angkola atau sebaliknya berbasis Android. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat linak terjemahan ini layak untuk diimplementasikan.

 

Kata kunci: Penerjemah, Bahasa Indonesia, Bahasa Batak Angkola

Full Text:

PDF

References


Sutan M, 1999. Bahasa Di Sumatra Utara. Medan: Citra Master

Todung Lumbantoruan, 2011. Panduan Menulis Surat Batak Toba. Siantar. Papas Sinar SinantiBambang sugiarto, 2011, Aplikasi penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Lampung disertai analisis sintaksis, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Yogyakarta.

Ferdi noor Kurniawan, 2010, Aplikasi penerjemah Bahasa Indonesia – Bali dan sebaliknya dilengkapi dengan pengecekan ejaan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Yogyakarta.

Anita Desiani, 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta:Andi Offset

Asul Wiyanto, 2005. TATA BAHASA SEKOLAH. Jakarta.Gramedia: WidiaSarana Indonesia

Nazruddin Safaat, 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung. Informatika Bandung

Marlan & Suparman. 2007. Komputer Masa Depan, Pengenalan Artificial Intelligence.Yogyakarta. Andi Offset

Srikusuma Dewi, 2003. Artificial Intelegence(Teknik dan Aplikasinya).Yogyakarta. Graha Ilmu

Todung Lumbantoruan, 2011. Panduan Menulis Surat Batak Toba. Siantar. Papas Sinar Sinanti

Redaksi Transmedia, 2010. Panduan EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Bandung. Transmedia Pustaka

Mini kamus bahasa batak Angkola -Mandailing http://margasiregar.wordpress.com/kamus-batak/

Kamusku http://www.handphoneandroid.org/?attachment id = 1744




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2874

Article Metrics

Abstract view : 2451 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal