PEMBUATAN MODEL ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING BTM SURYA UMBULHARJO DENGAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD (BAGIAN PENGHIMPUNAN DAN PEMBIAYAAN)

Fitrayadi Fitrayadi, Ali Tarmuji

Abstract


BTM Surya Umbulharjo merupakan badan usaha atau amal usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa keuangan mikro syariah yang kegiatannya untuk menghimpun dana dan menyalurkannya melalui usaha jasa keuangan syariah dari dan untuk anggota. Perencanaan strategi sistem informasi, sumber daya manusia, integrasi data, aplikasi pendukung proses bisnis dan perangkat infrastruktur teknologi belum dapat memenuhi kebutuhan proses bisnis penghimpunan dan pembiayaan yang sesuai dengan perkembangan bisnis organisasi dalam pengembangan arsitektur enterprise. Salah satu tujuan dari penerapan arsitektur enterprise adalah menciptakan keselarasan antara bisnis dan teknologi informasi bagi kebutuhan organisasi.

Metodologi yang digunakan dalam pembuatan model arsitektur enterprise adalah TOGAF ADM (Architecture Development Method). Penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan kondisi proses bisnis, sistem informasi dan infrastruktur saat ini. Tahapan pemodelan dimulai dari pembuatan arsitektur visi, arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi yang meliputi data dan aplikasi, arsitektur teknologi, peluang dan solusi, perencanaan migrasi. Tahap selanjutnya melakukan pengujian terhadap model yang dihasilkan dan memberikan rekomendasi.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah model yang berisi dokumen perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP) yang meliputi bisnis, data, aplikasi dan teknologi. Dari hasil uji kelayakan bahwa pemodelan arsitektur enterprise yang dibuat layak diterapkan di BTM Surya Umbulharjo serta valid dengan hasil pengujian diperoleh 100%.

 

Kata kunci : Arsitektur enterprise, BTM Surya Umbulharjo, Koperasi, TOGAF ADM.

Full Text:

PDF

References


Harrison, K., Varveris, L. (2006). TOGAF: Establishing Itself As The Devennitive Method For Building Enterprise Architecture in The Commercial World.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif (Edisi II). Yogyakarta: Andi.

IBM, 1981, Business System Planning: Information Systems Planning Guide, International Bussiness Machines Corporation.

Mufiatun Ina. 2012. “Pembuatan Model Sistem Informasi E-Government Menggunakan Kerangka Kerja TOGAF ADM Berbasis SOA (Service Oriented Architecture) Di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY”. Skripsi S1. Jurusan Teknik Informatika, FTI, UAD.

Mutyarini, Kuswardani dan Sembiring, Jaka. 2006, “Arsitekture System Informasi Institusi Perguruan Tinggi Di Indonesia”, Prosiding Konferensi National Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, 1-6

Reni, Nurtika, Reni. 2012. “Pembuatan Enterprise Architecture Planning di Lembaga Penanggulangan Bencana PP Muhammadiyah Yogyakarta dengan Menggunakan Kerangka Kerja Zachman”. Skripsi S1. Jurusan Teknik Informatika, FTI, UAD.

Rosmala, Dewi, dan Falahah. 2007, “Pemodelan Proses Bisnis B2B dengan BPMN (Studi Kasus Pengadaan Barang pada Divisi Logistik)”, SNATI 2007

Surendro, Kridanto. (2007), Pemanfaatan Enterprise Arsitekture Planning Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi mendukung Sistem Informasi, Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung.

Surendro, Kridanto. 2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Infromasi. Bandung: Informatika.

Yunis, R., Surendro, K. (2008). Pemilihan Metodologi Pengembangan Enterprise Architecture untuk Indonesia. Prosiding SNIKA. Vol. 3, No.1:pp A53-A59.

Open Group. (2009). The Open Group Architecture Framework:Architecture Development Method. Diakses pada tanggal 29 November 2013 Pukul 21.30 WIB dari (http://pubs.opengroup.org/architecture/togaf9-doc/arch/)




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2858

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal