MEDIA PEMBELAJARAN STRATEGI ALGORTIMA PADA POKOK BAHASAN POHON MERENTANG MINIMUM DAN PENCARIAN LINTASAN TERPENDEK

Taufiq Ismail, Tedy Setiady

Abstract


Pohon merentang minimum dan pencarian lintasan terpendek adalah materi yang terdapat pada matakuliah Strategi Algortima, dimana masih banyak mahasiswa yang belum memahaminya. Berdasarkan data nilai mahasiswa yang mengambil matakuliah Strategi Algoritma, dari data nilai tugas mengenai Pohon Merentang Minimum, dan berdasarkan hasil penliaian praktikum pada bahasan pohon merentang dan shortest path masih banyak mahasiswa yang belum memahaminya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Strategi Algortima untuk membantu mahasiswa memahamai materi yang disampaikan.

Peneltian ini menggunakan metode pengembangan software terhadap analisis user, analisis kebutuhan user dan analisis kebutuhan sistem yang dibangun dengan menggunakan konsep multimedia seperti suara, teks, grafis, gambar dan animasi. Aplikasi yang dibangun menggunakan tools Adobe Flash CS4. Pengujian sistem ini mengguakan metode Alpha Test dan Black Box Test.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Media Pembelajaran Pohon Merentang Minimum menggunakan metode Kruskal dan Prim serta Pencarian Lintasan Terpendek, yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan dengan lebih baik, serta dosen dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Dimana aplikasi ini terdapat menu contoh soal, latihan, simulasi, evaluasi serta tombol untuk mengetahui hasil latihan dan evaluasi serta mencetaknya. Terdapat fitur khusus yaitu mengenai simulasi dimana mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi dengan cara menginputkan langsung inputan data, serta menu latihan yang dapat memberikan daftar soal yang benar dan salah kemudian mahasiswa dapat langsung mereview soal tersebut.

 

Kata kunci : Multimedia, Pembelajaran, Lintasan Terpendek, Kruskal, Prim.

Full Text:

PDF

References


Nugraha Denny, W: “Aplikasi Algoritma Prim Untuk Menentukan Minimum Spanning Tree Suatu Graf Berbobot Dengan Menggunakan Pemrograman Berorientasi Objek”, Teknik elektro UNTAD, Palu, 2011.

Jatiningsih, T: “Rancang Bangun Aplikasi Minimum Spanning Tree (MST) Menggunakan Algoritma Kruskal”, Teknik informatika AMIKOM, Yogyakarta, 2010.

Daryanto, Tri, 2005, “Sistem Multimedia dan Aplikasinya”, Graha Ilmu, Yogyakarta

Munir, R., (2009), Matematika Diskrit, Edisi 3, Informatika, Bandung. 01/06/2013

Maulana Syarif, A dan Nurtantio P : ”Kreasikan Animasimu dengan Adobe Flash Dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktif”, Andi, Yogyakarta, 2013

Mohammad Jeprie, 2006, “Student Guide Series: Macromedia Flash Mx 2004”, Elek Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2857

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal