SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KUALITAS JAMUR

Devi Ayunani Wandasari, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Penentuan kualitas jamur merang masih menjadi kendala baik dari pihak pembina maupun pihak Dinas Pertanian DIY dan menimbulkan perbedaan dalam penentuannya. Karena pihak Dinas Pertanian sudah mengacu pada SNI yang dikeluarkan oleh Negara sedangkan pihak pembina petani hanya mengacu pada bobot dan bentuk jamur. Untuk SNI pada jamur merang terdapat beberapa kategori diantaranya keseragaman kultivar, tingkat ketuaan, tingkat kesegaran, tingkat keseragaman ukuran, tingkat jamur yang cacat, tingkat jamur cacat mekanis, tingkat cacat fisiologis, tingkat jamur busuk, tangkai jamur, tingkat kadar kotoran. Oleh karena itu dalam penelitian ini, akan dibuatkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan kualitas produksi jamur agar dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pemilik serta petani jamur lainnya

Subjek penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan untuk menentukan kualitas produksi jamur dengan multimedia yang disesuaikan dengan SNI. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode studi pustaka, wawancara, dan observasi. Dalam pengembangan sistem adalah membuat deskripsi kebutuhan, pemodelan proses, pemodelan data, dan model keputusan. Dalam pengimplementasiannya, sistem ini menggunakan Visual Basic 6.0.

Hasil penelitian ini adalah sebuah program aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan kualitas jamur menggunakan Kriteria Bayes dengan kemampuan dapat memberikan informasi tentang tingkatan kualitas jamur kepada konsumen. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini memberikan manfaat bagi pengguna.

Kata kunci : SPK, Kriteria Bayes, Jamur MerangĀ 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2855

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal