VISUALISASI ALGORITMA CHIPER BLOCK CHAINING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE ANDROID

Muhamad Rijal Faqih, Eko Aribowo

Abstract


Kriptografi merupakan salah satu materi utama dalam mata kuliah keamanan komputer. Mata kuliah keamanan komputer merupakan salah satu mata kuliah wajib di program studi teknik informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Waktu pertemuan dalam perkuliahan keamanan komputer sesuai dengan satuan perkuliahan (SAP) hanya 14 kali pertemuan. Metode-metode kriptografi yang dibahas sangat banyak, diantaranya metode Chiper Block Chaining. Pembahasan Metode kriptografi ini tidak dibahas secara mendetail hanya dibahas 1 kali pertemuan saja. Jadi tidak memungkinkan mahasiswa mampu memahami tentang algoritma metode kriptografi tersebut secara mendetail di kelas.

Subjek peneltian ini adalah merancang suatu proses visualisasi proses enkripsi dan dekripsi untuk mendukung proses pembelajaran kriptografi, metode yang digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi adalah metode Chiper Block Chaining. Langkah pengembangan aplikasi diawali dengan pengumpulan data dari banyaknya mahasiswa yang menggunakan smartphone berbasis android dilanjutkan dengan studi pustaka dan mengamati program-program kriptografi. Merancang tampilan aplikasi dan mengimplementasikan  hasil rancangan menjadi sebuah program. Melakukan pengujian program dengan blackbox test dan alpha test.

Dalam penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah perangkat lunak visualisasi Chiper Block Chaining yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang berbasis android, program enkripsi dan dekripsi karakter teks menggunakan bahasa pemrograman android yang berbasis java, hasil ujicoba yang telah dilakukan menunjukan bahwa aplikasi ini sudah layak dan dapat dimanfaatkan.

 

Kata kunci       :Security Computer, Kriptografi, Chiper Block Chining, Android, Visualisasi

Full Text:

PDF

References


Andypal, Prana, 2011, “Simulasi Proses Enkripsi Dan Dekripsi Algoritma Rijndael Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Kriptografi Berbais Web”, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.

Kurniawan, Heru, 2013, “Visualisasi Proses Enkripsi Dan Dekripsi Metode AADFGVX PRODUCT CHIPER DAN CHIPER BLOCK CHAINING”, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.

Munir, Rinaldi, 2006, “Kriptografi”, Informatika, Bandung.

Wikipedia, 2005, “Multimedia”, http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia. 17 Desember 2013.

Wikipedia, 2009, “Android (sistem operasi)”, http://id.wikipedia.org/wiki/Android. 17 Oktober 2013.

Yuliana, Rahmawati, 2008, “Visualisasi alat bantu pembelajaran kriptgrafi asimetris RSA (Rishet Shamir Adleman)”, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2853

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal