RANCANG BANGUN APLIKASI SIMULASI PENGGUNAAN KAMERA DSLR BERBASIS MULTIMEDIA

Pramono Yulianto, Fiftin Noviyanto

Abstract


Perkembangan dunia fotografi saat ini sudah mulai mengarah ke level yang berbeda dalam pendekatannya kepada manusia. Berbagai perangkat fotografi yang mendukung untuk tersampaiknnya kepada manusia sudah semakin canggih. Sarana untuk mempelajari kamera selalu berkembang setiap waktu. Kamera merupakan salah satu alat fotografi yang banyak diminati. Bagi pemula yang ingin belajar tentang fotografi banyak kendala yang dihadapi, yaitu terbatasnya waktu dan biaya untuk mengikuti sekolah atau seminar tentang fotgrafi, kurangnya pemahaman pemula mengenai pengaturan dasar kamera DSLR, seperti iso, aperture dan shutter speed dan kurangnya pemahaman tentang fungsi menu pada kamera DSLR tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya suatu aplikasi yang dapat membantu pemula dalam belajar dasar-dasar penggunaan kamera DSLR yang mudah dipahami dan dijalankan oleh pemula yang ingin belajar fotografi.

Subjek dalam penelitian ini adalah rancang bangun aplikasi simulasi penggunaan kamera DSLR berbasis multimedia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode literature, metode interview atau wawancara. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Waterfall yaitu analisis, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Pada pengujian sistem menggunakan metode black box test dan alpha test.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran tentang dasar-dasar penggunaan kamera DSLR bagi pemula yang ingin belajar tentang fotografi. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat dismpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu pemula yang ingin belajar fotografi tanpa harus memiliki kamera DSLR terlebih dahulu.

Kata kunci : Simulasi, DSLR, Multimedia, Fotografi 


Full Text:

PDF

References


Setyawan, Ardi., 2012, Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Memori Menggunakan Adobe Flash. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Prameswari, Lourensia Palupi Dhika., 2009, PENGEMBANGAN APLIKASI SIMULASI MESIN MOBIL BERBASIS MULTIMEDIA. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Edi S. Mulyanta, 2007, Teknik Modern Fotografi Digital. Andi offset, Yogyakarta

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta

Wibawanto W., 2007, Dasar Pemrograman Flash Game, Andi Publisher, Yogyakarta

Sudarmawan. Darius. 2007, Interaksi Manusia Dengan Komputer, Andi Publisher, Yogyakarta

Enterprise, Jubilee, 2009. Kupas Tuntas Flash CS4, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Mulyana, Arry, 2007, Cara Membuat Animasi Flash Menggunakan Swissxax, Andi Publisher, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2852

Article Metrics

Abstract view : 337 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal