APLIKASI PENGENALAN CITRA RAMBU LALU LINTAS BERBENTUK LINGKARAN MENGGUNAKAN METODE JARAK CITY-BLOCK

Galang Romadhon, Murinto Murinto

Abstract


Rambu lalu lintas merupakan salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Citra rambu lalu lintas menarik untuk dikenali karena sering dijumpai oleh semua orang dan memiliki tingkat kerumitan tersendiri terutama dari bentuk dasar dan pola yang terkandung di dalamnya. Sistem pengenalan untuk identifikasi rambu lalu lintas berbasis komputer merupakan proses memasukkan informasi berupa citra ke dalam komputer. Selanjutnya komputer menerjemahkan serta mengidentifikasi jenis rambu lalu lintas tersebut dengan menggunakan metode klasifikasi City-Block.

            Dalam penelitian ini dilakukan perancangan aplikasi pengenalan citra rambu lalu lintas berbentuk lingkaran. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah city-block. Proses akusisi data citra rambu lalu lintas memanfaatkan kamera digital. Ekstraksi ciri yang dipakai adalah perhitungan vektor sedangkan software yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah matlab R2010a. Data yang digunakan sebanyak 90 citra terdiri dari 15 citra acuan dan 75 citra uji.  Untuk masing-masing rambu larangan parkir, larangan berhenti, larangan berbelok, larangan melebihi kecepatan 40km/jam dan larangan masuk bagi semua kendaraan data acuan yang digunakan sebanyak 3 citra sedangkan untuk citra uji sebanyak 15 sampel untuk masing-masing jenis rambu lalu lintas.

            Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah apilkasi pengenalan citra rambu lalu lintas berbentuk lingkaran menggunakan metode jarak city-block. Pengujian untuk kerja sistem dilakukan dengan melakukan variasi ukuran citra 50 x 50, 75 x 75, 100 x 100. Tingkat akurasi pada ukuran 50 x 50 adalah 88 %, ukuran 75 x 75 adalah 86,67 % serta ukuran 100 x 100 adalah 85,33 %. Hasil eksperimen dari pengujian sistem menunjukkan tingkat akurasi yang baik yaitu 88 % pada ukuran citra 50 x 50.

 

Kata kunci : Identifikasi Rambu Lalu Lintas, Perhitungan Vektor, Metode Jarak, City-Block.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Balza dan Firdausy, Kartika. 2013. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta : Andi Offset.

Fadlil, Abdul. 2011. Petunjuk Praktikum Pengenalan Pola. Fakultas Teknologi Industri, Laboratorium Multimedia, Program Studi Teknik Informatika-Universitas Ahmad Dahlan.

Kadir, Abdul. 2012. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta : Andi Offset.

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan citra Digital dengan pendekatan Algoritmik. Bandung : Informatika.

Pratama, Andika. 2011. Aplikasi Pengenalan Rambu Berbentuk Belah Ketupat. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Andi Offset.

Sari, Shinta Nur Desmia. 2013. Sistem Identifikasi Citra Jahe (Zingiber officinale) Menggunakan Metode Jarak Czekanowski.Skripsi. Yogyakarta : Program Studi teknik Informatika UAD.

Sari, Dian Permata. 2013. Sistem Identifikasi Citra Rimpang Pada Tanaman Famili Zingiberaceae (Temu-Temuan) Menggunakan Metode Fungsi Jarak One Minus Correlation Coefficient. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi teknik Informatika UAD.

Affandi, F. Rambu dan Marka Jalan. Elearning Universitas Widyagama http://k12008.widyagama.ac.id/rl/diktatpdf/Bab6_Rambu_Dan_Marka_Jalan.pdf (diakses tanggal 11/10/2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2850

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal