SOLUSI PENGOBATAN PRODUK K-LINK DENGAN SISTEM PAKAR

M.Asrori Eko Cahyono, Nur Rochmah Dyah Pujiastuti

Abstract


K-link merupakan suatu instansi swasta yang bergerak dibidang penjualan suplemen kesehatan yang digunakan untuk terapi kesehatan dan dapat membantu penyembuhan penyakit dalam. Banyaknya konsumen yang memilih untuk datang langsung kekantor k-link untuk berkonsultasi dan kurangnya Customer service dalam melayani konsumen membuat antrian konsumen yang ingin berkonsultasi tentang solusi pengobatan dengan produk k-link. Customer service juga sering mendapat pertanyaan yang sama tiap konsumen maka costumer servis harus menjelaskan secara berulang – ulang. Dari permasalahan yang ada maka muncullah rumusan tentang bagaimana membuat sebuah sistem yang mampu mendiagnosa penyakit dalam berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan konsumen dan memberitahukan solusi pengobatannya dengan produk k-link. Sehingga sistem ini dapat membantu Customer service mendapatkan data lebih cepat dan membantu konsumen menghemat waktu dalam pelayanan konsultasi.

Penelitian mengenai pendiagnosaan penyakit dalam yang dilakukan ini menggunakan metode penelusuran fakta Forward Chaining. Tahap pengembangan aplikasi diawali dengan tahap analisis dan definisi persyaratan yang menghasilkan rekayasa pengetahuan, kebutuhan data dan kebutuhan sistem. Tahap kedua yaitu perancangan sistem dan perangkat lunak yang menghasilkan perancangan proses yaitu Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Entity Relationship Diagram, Mapping Table, Rancangan tabel dan perancangan menu dan antarmuka. Tahap ketiga yaitu implementasi dan pengujian unit dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0  dan Microsoft Office Access 2007. Tahap selanjutnya adalah integrasi dan pengujian sistem menggunakan  Alpha Test dan Black box Test.

Dari penelitan yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi tentang “Sistem Solusi Pengobatan Produk k-Link Dengan Sistem Pakar” yang dapat bekerja seperti layaknya seorang pakar, dimana yang dihasilkan mampu mendiagnosa 15 Peyakit dalam, 36 Penyebab, 19 Solusi, 47 Gejala. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

 

Kata Kunci : Basis Pengetahuan, Penyakit Dalam, Forward Chaining

Full Text:

PDF

References


Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakata: ANDI

Carapedia. 2013.Tentang Penyakit http://carapedia.com/tentang_penyakit_info2311.html (Diakses Tanggal 04 – 02 -2013)

Fathansah. 2012, Basis Data. Bandung. Penerbit Informatika Bandung.

Halima, Mirziah., 2009 “Sistem Pakar Identifikasi Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Dengan Pengobatan Sesuai Tuntunan Rasullulah SAW ”, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Malang

K-Product Catalog. 2008. Edisi Juli-Desember.

Kristanto, Harianto. 1994, Konsep Perancangan Database. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Andi offset. Yogyakarta.

Petunjuk penggunaan produk kesehatan k-Link. PT K-System Indonesia

Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA.,Ph.D. 2003, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic, Andi Offaet, Yogyakarta.

Sadeli, Muhammad. 2008. Aplikasi Database dengan Visual Basic 6.0 untuk Orang Awam. Maxicom. Palembang.

Setiawan Honggowibowo, Anton., 2009 “Sistem Pakar diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web Dengan forword Dan Backward Chaining”,Jurnal Telkomnika, vol.7 No.3

Sommervile, Ian. 2003 Software Engineering. Edisi 6. Erlangga. Jakarta.

Susanti, Fitriana. 2011. “Sistem Pakar Menentukan Kesesuaian Lahan Pertanian Untuk Pembudidayaan Tanaman Buah-buahan”, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Wijaya Intan. 2010. Artificial Intelligence. Yogyakarta. penerbit Graha Ilmu.

Wijayanti, Reni. 2011 ”Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Buah-buahan Pascapanen”, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2849

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal