PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY SPARE PART ELEKTRONIK BERBASIS WEB PHP (Studi CV. Human Global Service Yogyakarta)

Mhd Bustanur Rahmad, Tedy Setiady

Abstract


CV. Human Global Service masih melakukan pencatatan barang dengan menggunakan sistem secara manual, untuk mengetahui data stok barang serta pembuatan laporannya masih dengan cara penulisan di buku. Oleh sebab itu banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk proses penghasilan laporan yang tepat dan transaksi penjualan barang yang akurat bagi pemilik dan mengurangi kemungkinan kesalahan pencatatan. Berdasarkan permasalahn tersebut, maka dibutuhkan aplikasi dalam pengolahan data persediaan barang khususnya persediaan spare part serta laporan yang terkomputerisasi agar pencatatan arus barang masuk dan keluar dapat secara cepat, tepat dan akurat.

Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi literatur. Aplikasi disusun dengan prosedur tahap pengembangan yang  mencakup analisis kebutuhan, pembuatan diagram alir data, implementasi dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySql sebagai databasenya. Pengujian sistem dengan melakukan pengujian Black Box dan Alpha Test.

Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah perangkat lunak sistem informasi inventory sparepart elektronik berbasis Web PHP dengan kemampuan dapat menyimpan data penjualan dan pembelian barang, mengontrol stok barang masuk dan keluar gudang, dapat mencatat penggunaan biaya inventory yang ada. Hasil uji Black Box adalah 100% layak, sementara hasil uji Alpha Test adalah 60% sangat setuju, 40% setuju sehingga aplikasi ini berfungsi dengan baik. Dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan dengan baik

 

Kata Kunci : inventory, kontrol stok, sistem informasi,

Full Text:

PDF

References


Ekowati.2003. Manajemen Persediaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Fathansyah.2009. Buku Teks Ilmu Komputer BASIS DATA. Bandung: CV.Informatika

Jogianto.1999. Analisis & Disain. Yogyakarta : Andi.Kurniadi

Kadir,Abdul.2009. Dasar Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP. Yogyakarta : Andi Kurniadi

Wahyu.2004. Perancangan Sistem dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gaya Media

Gaspersz,Vincent.2001.Production planning and inventory control. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2847

Article Metrics

Abstract view : 1981 times
PDF - 1686 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal