THEME GENERATOR CMS WORDPRESS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HTML 5 UNTUK MEMPERMUDAH PEMBUATAN THEME SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KASUS : SYNCHRONOUS, YOGYAKARTA)

Muhammad Nur Susilo, Fiftin Noviyanto

Abstract


Efisiensi dalam pembuatan theme pada distro synchronous sangat diperlukan, akan tetapi pada distro synchronous belum mempunyai apilikasi untuk mempermudah pembuatan Theme sehingga dalam pembuatan dan pengubahan theme mengalami kesulitan hingga harus melalui proses coding untuk mengubah dan pembuatan theme. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memudahkan distro Synchronous, Yogyakarta dalam proses pembuatan theme.

Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah Theme Generator dimana nanti akan dikembangkan sebuah Theme Generator Pada CMS Wordpress menggunakan teknologi HTML 5 yang bertujuan untuk memudahkan pembuatan dan pengubahan theme tanpa melalui proses coding dimana nantinya element –element di dalam theme akan disajikan dengan fitur drag dan juga drop. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi  dan study literature. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis system,  perancangan system,  implementasi system, dan pengujian.  Teknologi yang digunakan adalah HTML 5 dan pengujian sistem dengan black box test dan white box serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t test.

            Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terbentuknya Theme Genartor CMS Wordpress Menggunakan Teknologi HTML di Synchronous Yogayakarta Dari pengujian terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat kecepatan pembuatan theme pada CMS Wordpress setelah dibangunnya aplikasi Theme Generator, hal ini mengacu dengan didapatnya nilai p < 0.05 dari hasil pengujian paired t test. Theme Generator yang telah dibuat memiliki pengaruh terhadap peningkatan efektifitas dan kecepatan kerja dari Synchronous distro yang terintegrasi, dengan begitu distro synchronous  dapat segera mempublish produk- produk terbaru untuk di promosikan.

 

Kata Kunci : : Theme Generator, ThemeHTML 5.

Full Text:

PDF

References


Fitriningsih. 2006. Pembuatan E-Comerce Templates sebagai media informasi dan pemasaran studi kasus SEGARA ITC Distributor. UAD.

Arifudin M. 2007 mempercepat proses pemanggilan script video dalam website ADITV Dengan Menggunakan metode Embeded Video.

Joe lennon, Create modern Web sites using HTML5 and CSS3 ( implementing the canvas and video elements in HTML5).

Dewi Agustina. Analisa Streaming Online TV Menggunakan Metode Client Server dan Peer To Peer”. Universitas Gunadarma

Rachel Mccollin. Profesional theme & plugin development ”(implementing themes & plugin development)

Depdiknas. 2003. The New Teknologi HTML5. Jakarta : Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

W3Scholls. 2013. Learning HTML 5 : Diakses 18 Januari 2014 http://w3scholls.com

Harjono, Widagdo. 2007. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Erlangga.

Himawan. 1998. Pembangunan Perangkat Lunak Perancang Halaman Web HTML Sederhana. ITS

Bob Julius Onggo. 2009. Cyber Branding Cyber Marketing.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2846

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal