SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KANKER PADA WANITA DENGAN SOLUSI HERBAL SEBAGAI OBAT MENGGUNAKAN INFERENSI FUZZY TSUKOMOTO

Atik Mar’atun Sholihah, Sri Winiarti

Abstract


Kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal (tumbuh sangat cepat dan tidak terkontrol), menginfiltrasi, menekan jaringan tubuh sehingga akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Penyebab kanker adalah tumor. Tumor dibagi dalam dua golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Sel tumor pada tumor jinak bersifat tumbuh lambat, sehingga tumor jinak pada umumnya tidak cepat membesar. Sel kanker mendesak jaringan sehat sekitarnya secara serempak sehingga terbentuk sampai (serabut pembungkus yang memisahkan jaringan tumor dari jaringan sehat). Oleh karena itu, pada umumnya tumor jinak mudah dikeluarkan dengan cara operasi. Penyakit kanker merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian, sehingga perlu didiagnosa sejak dini agar dapat segera ditangani. Kesadaran dari masyarakat  untuk memeriksakan kesehatan  masih kurang serta Sering terjadinya kesalahan penyuluh kesehatan dalam memberikan informasi untuk menanggulangi penyakit kanker pada wanita. Sistem ini bertujuan untuk Mendiagnosa Penyakit Kanker Pada Wanita.

Pengembangan perangkat lunak sistem pakar ini meliputi, analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem dan perancangan rekayasa pengetahui dimana dalam pembuatan rekayasa perangkat lunak ini data yang terkumpul direpresentasikan sebagai basis pengetahuan, basis aturan dan perancangan mesin inferensi dengan metode fuzzy tsukomoto. Selanjutnya perancangan sistem, yang merancang pembuatan pemodelan proses yang terdiri dari koteks diagram dan DFD, pemodelan data yang terdiri dari perancangan ERD, Mapping Table dan perancangan tabel. Pengembangan selanjutnya adalah implementasi menggunakan Visual Basic 6.0 dan tahap akhir pengembangan sistem yaitu pengujian dengan Black Box Test dan Alfa Test.

Hasil penelitian berupa aplikasi sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker Pada Wanita Dengan Pengobatan Herbal. Keluaran sistem berupa hasil penelusuran penyakit yang dilengkapi nilai kepastian yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode fuzzy tsukamoto, penyebab, pencegahan dan keterangan.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Fuzzy Tsukamoto, Penyakit Kanker Pada Wanita

Full Text:

PDF

References


Pujiyanta, Ardi, 2010. Teoridan Aplikasi Fuzzy Logic. Yogyakarta :Ardana Media

Mutaqien, Khooliq Ahmad Dani, 2011, Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dalam Dengan Obat Herbal Pada Klinik Sidi Aritjahja, Jurusan TeknikI nformatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Fathansyah,1999, Buku Text Ilmu Komputer Basis Data, Informatika , Bandung.

Sutrisno, Anjar, 2009, Pengembangan Sistem Pakar Dengan Metode Logika Fuzzy Untuk Membantu Mendiagnosa Gangguan Gizi Pada Anak, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Hartati, Sri &Iswantai, Sari. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta : GrahaIlmu.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik&Aplikasi). Yogyakarta :GrahaIlmu.

Fathansyah. 2002. Basis Data Cetakan Keempat.Bandung:Penerbit Informatika.

http://tettystak.wordpress.com/2008/11/27/kanker-pada-wanita/

Summerville, AN. 2003.Rekayasa PerangkatLunakjilid 1. Jakarta :Erlangga .

Muhammad, Arhami, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta.

Harufi, 2008, Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kandungan menggunakan Fuzzy Tsukamoto, S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Kendall, Kenneth, 2003, AnalisisdanPerancanganSistem(Systems Analysis dan Design),Indeks, Jakarta Barat.

Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar (Menentukan Faktor Kepastian Menggunakan Metode Kuantifikasi Kepastian), Andi offset, Yogyakarta.

Quick, Cliffs, 2003, Anatomy and Phisiology, PakarKarya, Bandung.

Tarmuji, Ali.,S.T., 2007, Diktat Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Setiadi, Budiyono, 2011, AnatomiTubuhManusia, LaskarAksara, Yogyakarta.

Steve, Parker, 2009, EnsiklopediaTubuhManusia, Erlangga, Bandung

http://www.docstoc.com/artical/penyakitreproduksimanusia 17/ 06/ 2011

http://www.Kesehatan.mitrasites.com/reprpduksi/manusia 21 / 08 / 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2843

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal