PEMBUATAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN DI KOPERASI MAHASISWA UAD YOGYAKARTA

Muhammad Nurul Imam, Sri Handayaningsih

Abstract


Koperasi mahasiswa UAD adalah salah satu UKM yang ada di Universitas Ahmad Dahlan dan koperasi mahasiswa yang masih aktif di Yogyakarta. Permasalahan yang saat ini muncul adalah sistem informasi yang dibangun belum mewakili semua proses bisnis yang berlangsung hanya mewakili proses bisnis pendaftaran anggota, serta belum adanya perencanaan yang strategis sesuai dengan visi dan misi yang menyangkut teknologi informasi dan belum tersedianya model SI/TI sehingga menyebabkan arah pengembangan SI/TI menjadi tidak jelas. Sistem informasi sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran proses bisnis atau kegiatan suatu enterprise. Kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan sistem informasi harus direncanakan secara matang sebelumnya agar sistem yang dibangun mampu menopang kinerja Enterprise secara efektif dan efisien sesuai kebutuhan visi, misi, dan rencana jangka panjang sasaran strategis bisnis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Enterprise Architecture Planning dengan kerangka kerja Zachman. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Proses analisis dimulai dengan tahapan perencanaan, pemahaman kondisi saat ini, analisis SWOT yang kemudian pembuatan model SI menggunakan kerangka kerja Zahcman,tahapan selanjutnya adalah pembuatan portofolio aplikasi dan melakukan pengujian model SI yang meliputi arsitektur data, informasi, aplikasi dan teknologi serta beberapa rekomendasi kepada  koperasi mahasiswa UAD.

Hasil penelitian yang dilakukan adalah model yang berisi dokumen perencanaan pengembangan sistem informasi yang meliputi arsitektur data, informasi, aplikasi, teknologi, sumber daya, waktu dan motivasi. Hasil uji kelayakan model terhadap 6 responden mendapatkan hasil 100% yang menyatakan model yang dibuat layak diterapkan di koperasii mahasiswa UAD.

Kata Kunci: Enterprise Architecture Planning, Kerangka Kerja Zachman, KOPMA, koperasi mahasiswa UAD.

Full Text:

PDF

References


Basir Azhar., 2013, “Perancangan Enterprise Arsitectur Planning Produksi Gula Dengan Zachman Framework” (Studi Kasus : PG.Madu Baru Yogyakarta)”, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan : Yogyakarta.

Shaufiah, ST, MT., Enterprise Architecture Planning untuk Institut Teknologi Telkom.

Solehah, Husniati M., 2011, Perencanaan Sistem Informasi Di FakultasTeknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan Kerangka Kerja Zachman, Tesis S-1 Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Surendro, Kridanto., 2009, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Informatika, Bandung.

Surendro, Kridanto., “Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi”, Informatika, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2842

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal