ANALISIS PENERAPAN SEO(SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DAN SMO(SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION) PADA WEBSITE FAKULTAS DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN UNTUK MENINGKATKAN PERINGKAT DI SEARCH ENGINE

Andi Rofik Lutfi Hidayat, Ali Tarmuji

Abstract


Sebuah website mempunyai kinerja terhadap search engine. Semakin baik maka akan mempermudah website mendapat pengunjung. Maka dari itu perlu optimalisasi SEO (search engine optimatization) dan SMO (social media optimization). Permasalahan terlihat dari parameter SEO yang kurang optimal dan popularitas website melalui social media yang masih kurang sehingga perlu dilakukan optimasi. Analisis website fakultas di UAD bertujuan untuk meningkatkan website berada diposisi teratas atau halaman pertama search engine serta menambah tingkat popularitas website di social media.

Analisis website fakultas di UAD akan diterapkan dengan dua metode dan beberapa tahapan. Metode yang digunakan adalah SEO dan SMO. Langkah awal dilakukan dengan menganalisis website fakultas di UAD dengan beberapa tool online. Menganalisis kebutuhan sistem melakukan persiapan, pelaksanaan yang meliputi pengukuran awal, optimasi dan pengukuran akhir kemudian melakukan tahap evaluasi. Metode pengujian menggunakan pretest, posttest dan uji nilai t. Dan terakhir memberikan rekomendasi kepada pihak biskom ( Biro Sistem Informasi dan Komunikasi ).

Hasil analisis pengukuran awal website fakultas di UAD menunjukan hasil yang kurang optimal, berdasarkan kondisi tersebut dilakukan optimasi. Hasil pengukuran akhir, penerapan SEO dan SMO serta evaluasi kinerja yang dilakukan terhadap website fakultas menunjukkan bahwa terdapat kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji nilai t menggunakan paired t-test yang menghasilkan nilai t = -5.131 dan nilai –p = 0.03<0.05. Rekomendasi penambahan backlink, share social media dan update content telah diberikan kepada pihak biskom sehingga mengetahui pentingnya optimasi SEO dan SMO untuk website fakultas di UAD dalam membantu memperbaiki peringkat website utama UAD. Analisis penerapan SEO dan SMO yang sudah dilakukan mempunyai pengaruh terdapat peningkatan kinerja website terhadap peringkatan di search engine.


Kata kunci : Analisis, SEO, SMO, UAD 


Full Text:

PDF

References


Shofyan, Mohamad. 2010. Website Fisika Interaktif Berbasis Html, Javascript, dan Wordpress. Skripsi. Malang: Fisika, Universitas Negeri Malang.

Afia, Atep Hidayat. 2012. Kontribusi Sistem Blog Edukasi Teknik Industri Terhadap Katagori Presence Webometrics Universitas Mercu Buana, [pdf],

(http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_881396278462. pdf, diakses tanggal 21 februari 2014)

Mellia Marselina, 2012, Analisis kinerja Website Universitas Ahmad dahlan Dengan Metode SEO (Search Engine Optimization) Off Page, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Joko Trias Santoso, 2010, Analisis dan penerapan metode SEO (Search Engine Optimization) image untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Amikom, Yogyakarta.

Rmg. Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang (http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+ di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker, akses 11 februari 2014)

Ellis, Rick. 2006. Code Igniter User Guide Version 1.5.0. USA. pMachine, Inc.

Kadir, Abdul. 2003. Pemograman Web Mencakup HTML, CSS, Javascript & PHP. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

MADIUN, MADCOMS. 2009. MENGUASAI XHTML, CSS PHP DAN MYSQL

MELALUI DREAMWEAVER.CV. Andi Offset. Yogyakarta

Rahman, Su, 2012. JAGO SEO Cara Instan, gak Pake Pusing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Itmltd. SEO Process. (http://www.itmltd.co.uk/seo-process.html, diakses tanggal 9 februari 2014)

David Chandra and Hoga Saragih, 2011, Implemantation Using Social Media Optimization (SMO) For Internet Marketing On Rumahdanproperti.com. Universitas Indonesia, Jakarta.

Aggarwal, Anil. Social Media Optimization Strategies for Lodging Industry (http://blog.milestoneinternet.com/web-2/social-media-optimization-strategies-for- lodging-industry/, diakses tanggal 9 februari 2014)

Wikipedia. Google. http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Inc. (diakses tanggal 5 februari 2014)

Wikipedia. Google search. http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Search (diakses tanggal 5 februari 2014)

Google.co.id. www.google.co.id/id/id/intl/id/webmasters/docs/search-engine- optimization-starter-guide-id.pdf, didownload tanggal 9 november 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Rofik Lutfi Hidayat, Ali Tarmuji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.