SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MONITORING KKN POSDAYA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN BERBASIS GOOGLE MAPS API

Danang Adi Sumarto, Tedy Setiady

Abstract


Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah lembaga masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan keluarga. Pemrakarsa Posdaya adalah Yayasan Damandiri dengan pelaksana teknis Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) berbagai perguruan tinggi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), salah satunya Universitas Ahmad Dahlan. Selama ini hasil KKN Posdaya UAD masih berupa laporan tertulis sehingga menyulitkan LPM dalam melakukan Monitoring dan pencarian lokasi posko.

Pemanfaatan teknologi informasi dan Internet serta integrasi dengan sisi geografis dapat menjadi solusi yang memberikan kemudahan pertukaran data serta visualisasi yang dinamis. Penanganan sisi geografis menggunakan Google Maps Api yaitu sebuah jasa penyedia peta dunia secara gratis dan online yang di sediakan oleh google. Sedangkan model proses pembangun perangkat lunak yang dipakai adalah waterfall model.

Dari hasil penelitian ini dihasilkan sebuah sistem yang mampu menampilkan informasi lokasi dari KKN Posdaya UAD beserta data yang ada secara periodik. Dengan SIG ini, LPM dapat melihat dan memonitoring perkembangan Posdaya secara keseluruhan, serta dapat membantu mahasiswa KKN apabila kegiatan mulai tidak berjalan.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Posdaya, Google Maps Api

Full Text:

PDF

References


www.damandiri.or.id, Buku Posdaya.

Prahasta, Eddy, 1999, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika, Bandung.

Irfan Fatoni, 2012, Sistem Informasi Geografis Penentuan Lokasi Apotek Baru Di Kabupaten Bantul Berbasis Google Map Api, Skripsi S-1, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AKAKOM, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2838

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal