VISUALISASI TEKNIK PENGOBATAN AKUPUNTUR DENGAN ANIMASI 3D

Marwan Marwan, Fiftin Noviyanto

Abstract


Pengobatan tradisional merupakan suatu alternatif yang tepat sebagai pendamping pengobatan modern. Saat ini penggunaan pengobatan alternatif semakin banyak diminati.  Salah satu pengobatan alternatif yang mulai banyak diminati masyarakat adalah akupunktur. Namun saat ini tidak banyak orang yang mengetahui cara melakukan teknik akupuntur ini, karena butuh keahlian khusus untuk bisa melakukan pengobatan ini dan teknik akupuntur tersebut bisa dipelajari, baik mulai dari cara kerja pengobatan akupuntur itu sendiri, hingga manfaat dari pengobatan akupuntur tersebut. Dan saat ini jarang ditemukan metode pembelajran tentang teknik pengobatan akupuntur.

Subjek Penelitian ini adalah penerapan aplikasi multimedia untuk visualisasi teknik pengobatan akupuntur dengan animasi 3D. Metode penelitian yang digunakan dengan studi pustaka dan wawancara dengan ahli akupuntur. Metode penelitian ini memiliki tahapan analisis yaitu: analisis data, proses dan antarmukanya. Tahap perancangan meliputi: perancangan konsep, isi dan grafis. Tahap implementasi atau coding menggunakan Adobe Flash CS3 dengan bahasa pemrograman actionscript. Tahap pengujian yang dilakukan dengan metode black box test dan alpha test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi multimedia berbasis animasi 3D  yang dapat membantu user dalam mempelajari teknik pengobatan akupuntur dan telah diuji dengan menggunakan metode black box test dan alpha tes. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai alat bantu untuk mempelajari tentang pengobatan akupuntur.

Kata kunci : Akupuntur, animasi 3D, visualisasi.

Full Text:

PDF

References


Andanatapa,Agung.2008. Teknologi multimedia untuk visualisasi titik – titik pengobatan akupuntur berdasarkan jenis penyakit. skripsi, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Medan, Universitas Sumatera Utara.

Susilo,Tangkas.2011.Akupuntur di Rumah dan Belajar Akupuntur untuk Pemula. Andi.Yogyakarta

Oky, Dwi Nurhayati.2006. Multimedia dan Animasi.Andi.Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003. Multimedia: Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi. Yogyakarta.

Reto,Meier.2010.Professional Android 2 Application Development.Wiley Publishing,Inc.

Schneiderman, Ben. 1998. Designing The User Interface: Strategies For Human-

Computer Interaction, 3rdEd. Addison Wesley Longman Pub.

Oktaviani.2008.Adobe Flash CS3 Professional. Andi.Yogyakarta.

Turana, Yudha, 2009. Seberapa Besar Manfaat Pengobatan Alternatif. www.warmasif.co.id diakses tanggal 7 Desember 2012.

Soejoeti, Sunati Z.2007, Konsep Sehat, Sakit dan Penyakit dalam Konteks sosial Budaya Pusat Penelitian Ekologi Kesehatan, Badan Penelitian dan Kesehatan RI, Jakarta.

Dharmojono, DVM, 2001. Menghayati Teori dan Praktek Akupuntur & Moksibasi. Trubus agriwidya, Jakarta.

Hemmer, F.M. 2005. Two Tier Client / Server Database Development For Aligment Data At the Relativistic Heavy ION Collider and Alternating Gradient Synchrotron.

Kuncorojati,Dhany.2009. Spatial database untuk visualisasi titik akupuntur berbasis web. skripsi, fakultas Teknologi Industri Depok, Universitas Gunadarma.

Katzan, H., Jr., Systems Design and Documentation: An Introduction to the HIPO Method, Van Nostrand Reinhold, New York, 1976




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marwan Marwan, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.